Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula pada Produk Minuman dalam Kemasan

By Alsabrina, Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:30 WIB
Indikator Gula di Superindo (Dok. Twitter)

NOVA.id - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Super Indo meluncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman dalam kemasan.

Inisiatif ini merupakan komitmen Super Indo untuk menjalankan bisnis yang lebih bertanggung jawab dan membuat perbedaan yang positif.

Indikator kandungan gula ini bertujuan mengedukasi dan mengajak pelanggan untuk mengkontrol jumlah konsumsi gula harian serta membantu pelanggan dalam mengambil keputusan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Pada 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia, dan menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 kematian setiap 5 detik.

IDF juga menyebutkan bahwa Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta, dengan prevalensi diabetes sebesar 10,6%.

Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, memberikan anjuran mengenai konsumsi gula per orang per hari adalah 10% dari total energi (200 kkal).

Konsumsi tersebut setara dengan gula 4 sendok makan atau 50 gram per orang per hari.

Panduan kandungan gula pada minuman kemasan dibuat untuk mengetahui kadar gula yang terkandung per 100ml Indikator warna pada label harga mengacu pada kandungan gula yang tertera pada label di setiap produk.

Adapun indikator yang telah ditetapkan untuk setiap kandungan gula per 100 ml dikategorikan menjadi 4 warna meliputi:

1. Warna kuning (kandungan gula ≤ 0,5gr).

2. Warna Jingga Muda (kandungan gula 0,5 - 6gr).

Baca Juga: Super Indo Luncurkan Telur Ayam Bebas Kandang Sekat dan Pastikan Standarisasi Keamanan Pangan