Jangan Sampai Salah Penanganan, Ini Perbedaan Jerawat dan Bisul

By Alsabrina, Selasa, 31 Januari 2023 | 14:05 WIB
Perbedaan jerawat dan bisul (pexels.com & dok. NOVA.id (kolase))

NOVA.id - Jika Sahabat NOVA menemukan benjolan merah berisi nanah di kulit, terlebih di area wajah, jangan langsung dipecahkan ya.

Selain memang tidak diperbolehkan, bisa jadi benjolan tersebut bukanlah jerawat, melainkan bisul wajah.

Memang, bentuk bisul dan jerawat memiliki kemiripan. Apalagi, tidak semua ukuran bisul besar, pun sebaliknya. Sehingga, membuat bisul dan jerawat terlihat sama.

Lalu, adakah perbedaannya? Berikut perbedaan jerawat dan bisul seperti yang NOVA.id himpun dari beragam sumber.

Jerawat vs Bisul

Diketahui, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat minyak dan sel kulit mati. Karena tersumbat itulah akhirnya mengiritasi kulit sehingga muncul kemerahan dan pembengkakan.

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja yang terdapat kelenjar minyak khusus, khususnya di wajah, leher, punggung, dada, dan bahu.

Sedangkan bisul terinfeksi folikel rambut. Bakteri dan jamur menyebabkan terjadinya bisul di kulit, namun yang paling umum, bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aureus.

Bisul biasanya ditemukan di area kulit yang banyak terdapat bakteri seperti lipatan kulit, paha dalam, selangkangan, ketiak, atau pantat.

Ciri-ciri Jerawat dan Bisul

Dua masalah kulit ini memiliki tanda atau ciri-ciri yang hampir sama, yakni benjolan yang membengkak dan berwarna merah. Perlahan terisi nanah dan membesar.

Baca Juga: Benarkah Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul? Simak Faktanya di Sini