Jalankan Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah, Ini Batasan yang Harus Diperhatikan

By Widyastuti, Kamis, 9 Februari 2023 | 15:02 WIB
Diet sehat berdasarkan golongan darah harus perhatikan batasan ini. (Istock)

NOVA.id - Diet sehat berdasarkan golongan darah memang bisa saja diterapkan oleh seseorang dalam target menurunkan berat badan.

Namun, apakah diet sehat berdasarkan golongan darah aman untuk dilakukan oleh siapa pun?

Dalam bukunya, Eat Right 4 Your Type, yang diterbitkan tahun 1996, dokter naturopati Dr. Peter D'Adamo, telah memperkenalkan para pembacanya pada Diet Golongan Darah yang dilansir dari Times of India.

Ide di balik jenis diet ini adalah bahwa setiap makanan yang dimakan bereaksi secara kimiawi dengan golongan darah seseorang.

Namun, apa saja batasan untuk diet sehat berdasarkan golongan darah?

Ternyata, ada beberapa batasan terkait diet sehat berdasarkan golongan darah.

Misalnya, Sahabat NOVA harus mengikutinya dengan ketat, yang berarti harus mengatur menu makanan dan daftar belanja, serta menjauhkan diri dari nutrisi tertentu.

Mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya mungkin tidak dapat mengikuti rencana yang ketat ini karena mereka juga harus memperhatikan faktor-faktor lain.

Baca Juga: Menu Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah, Dipercaya Lebih Ampuh!

 

Sebagai contoh, jika seseorang mengidap diabetes, mereka mungkin harus mengikuti pendekatan diet yang lebih praktis, menurut American Diabetes Association.

Mengikuti diet sehat berdasarkan golongan darah menuntut seseorang untuk makan makanan sesuai dengan golongan darah mereka, yang tidak dapat bekerja untuk pasien diabetes.