Rutin Jalan Kaki Saat Diet Sehat, Ternyata Ini 5 Manfaat Tak Terduga

By Widyastuti, Sabtu, 25 Februari 2023 | 15:02 WIB
Manfaat jalan kaki saat jalani diet sehat (Freepik)

NOVA.id - Rutin jalan kaki saat diet sehat ternyata miliki banyak manfaat yang tak terduga. 

Saat jalani diet sehat, olahraga memang tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan memudahkan untuk mencapai target berat badan ideal yang diiginkan.

Dilansir dari Kompas.com, sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging menyimpulkan bahwa berjalan kaki 45 menit sehari bisa mempertajam kemampuan mental.

Ini fakta bahwa berjalan kaki tidak hanya bisa membantu meningkatkan kemampuan fisik namun juga mental dan kewaspadaan.

Untuk itu, rutin jalan kaki saat diet sehat, ternyata ini 5 manfaat tak terduga: 

1. Membakar kalori

Jalan kaki merupakan salah satu jenis aktivitas fisik yang cukup efektif untuk membakar kalori. Ketika Anda berjalan kaki, tubuh akan menggunakan energi untuk melakukan gerakan tersebut, sehingga membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Diet Sehat untuk Pengidap Darah Rendah, Perhatikan 7 Hal Ini

2. Meningkatkan metabolisme

Jalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar oleh tubuh, bahkan saat Anda sedang istirahat.

3. Menurunkan risiko penyakit

Jalan kaki secara teratur juga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Dengan berjalan kaki, tubuh akan merespons dengan memperkuat jantung dan sistem pernapasan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.