Nasi Pulen ala Restoran Jepang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah! Bagaimana Caranya?

By Content Marketing, Senin, 27 Februari 2023 | 18:36 WIB
Nasi pulen (DOK. Polytron)

Nova.id – Saat memesan menu dengan nasi di restoran Jepang, Sahabat NOVA tentu menyadari bahwa tekstur nasi di restoran Jepang berbeda dengan nasi pada umumnya. Nasi lebih lembut dan pulen sehingga menambah nikmat lauk yang mendampinginya. Selain itu, nasi di restoran Jepang juga lebih harum. 

Memang benar, sebagian besar restoran Jepang di Indonesia menggunakan beras jenis khusus yang diimpor dari Jepang. Namun, dikutip dari Tablespoon, membuat nasi pulen dan lembut ala restoran Jepang juga bisa dilakukan menggunakan beras asli Indonesia. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan metode masak tertentu. 

Salah satu metode yang paling dikenal untuk membuat nasi pulen di antaranya memasak nasi menggunakan panci atau clay pot. Hanya saja, dua metode ini bisa memakan banyak waktu, sehingga dirasa kurang praktis apabila diterapkan sehari-hari.

Untuk menyiasatinya, Sahabat NOVA bisa membuat nasi pulen ala restoran Jepang menggunakan rice cooker dengan mengikuti sejumlah tips berikut ini.

  1. Rendam beras

Untuk membuat nasi yang pulen, restoran Jepang biasanya menggunakan short grain rice atau beras dengan bulir kecil. Sayangnya, beras jenis ini memiliki harga yang cukup mahal dan sulit ditemukan di pasar atau minimarket.

Untuk mengakalinya, Tablespoon menyarankan untuk merendam beras selama 30 menit setelah dicuci bersih, sampai gabah dan kerikil tidak lagi terlihat. Hal ini bertujuan agar beras menjadi lebih wangi dan berisi, sehingga rasa dan teksturnya persis dengan short grain rice meski dibuat di rice cooker.

Baca Juga: Resep Ayam Balado Pedas Manis yang Cocok Jadi Lauk Makan Siang

  1. Tambahkan maizena

Untuk membuat nasi yang pulen, Sahabat NOVA bisa menambahkan satu sendok makan larutan tepung jagung atau maizena ke dalam rendaman beras yang sudah siap dimasak dengan rice cooker. Aduk rata beras dalam wadah rice cooker supaya menyatu dengan maizena. Kemudian, tutup dan nyalakan rice cooker.  

  1. Campurkan beras ketan

Jika tekstur beras cenderung keras, campurkan sedikit beras ketan dengan beras biasa untuk melembutkan tekstur nasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak menambahkan beras ketan akan membuat tekstur nasi menjadi terlalu lengket.

Tipsnya, Sahabat NOVA bisa menggunakan persentase 3:1/2, yakni tiga cangkir beras dan setengah cangkir beras ketan. Campur kedua jenis beras tersebut hingga merata, kemudian masak seperti biasa.

  1. Tambahkan agar-agar

Agar-agar juga bisa dimanfaatkan untuk membuat nasi yang pulen ala restoran Jepang. Dikutip dari Kompas.com, menambahkan agar-agar saat memasak nasi bisa membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan pulen.

Larutkan satu sendok makan bubuk agar-agar tanpa rasa dan warna dengan air hangat, kemudian masukkan adonan agar-agar ke wadah rice cooker berisi beras dan air yang sudah siap masak. Kemudian, nyalakan  rice cooker.