Peminat Daging hingga Bawang Naik 4 Kali Lipat Jelang Ramadan

By Annisa Octaviana, Kamis, 23 Maret 2023 | 19:30 WIB
Peminat daging meningkat jelang Ramadan untuk membuat menu semur. (Dok. iStock)

NOVA.id - Jelang Ramadan 1445 yang jatuh pada Kamis (23/3), masyarakat Indonesia yang mayoritas beragam muslim, semangat melakukan beberapa persiapan.

Selain persiapan spiritual menyambut Bulan Suci, persiapan kebutuhan berbuka dan sahur pun dilakukan. Bahkan, tak sedikit yang sudah mempersiapkan menu khas awal Ramadan seperti olahan rendang dan semur.

Hal ini dibuktikan dari data internal Tokopedia bahwa khusus daging sapi dan bawang mengalami peningkatan penjualan hampir 4 kali lipat dari sebelumnya.

Tak hanya itu, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak bahkan menyebutkan bahwa Ramadan kali ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas Ramadan. Bahkan data Tokopedia memperlihatkan bahwa kurma, madu dan sirup juga mengalami peningkatan transaksi sebesar 3 kali lipat," kata Nuraini.

Peningkatan juga terjadi pada jumlah kunjungan di halaman produk (product page view) sebesar lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Antusias tersebut disambut baik oleh Tokopedia. Sehingga Nuraini menambahkan, "Tokopedia berupaya membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman, termasuk untuk sahur dan berbuka lewat berbagai kampanye. Salah satunya Tokopedia NYAM! yang menyediakan diskon hingga 90% untuk menu pilihan sambut Ramadan."

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan masakan segar dan produk kebutuhan lainnya, mulai dari Rp4 ribu, dalam waktu maksimal 2 jam serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!.

Tak hanya itu, Fesyen Muslim juga menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk yang paling diburu.

Berbagai produk fesyen muslim bisa didapatkan di Modest on Trend dengan diskon hingga 60% dan cashback sampai Rp750 ribu.

Masyarakat mulai mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh, seperti mudik. “Beberapa produk paling laris pada kategori Otomotif di Tokopedia jelang Ramadan 2023, yaitu aksesori body motor, lampu motor/mobil, oli motor, jas hujan, radiator dan komponen mobil,” jelas Nuraini.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Bau Amis Daging di Talenan Kayu, Ternyata Mudah!

 

(Dok. Tokopedia)

“Masyarakat pun tengah melengkapi kebutuhan rumah tangga untuk sambut momen silaturahmi. Tampak dari toples makanan, alat pembuat kopi dan teh, serta gelas menjadi sejumlah produk paling laris pada kategori Rumah Tangga di Tokopedia jelang Ramadan 2023,” sambungnya.

Beragam perlengkapan rumah tangga, seperti alat masak untuk sahur, alat makan untuk berbuka, pembuat kue Lebaran dan lain-lain, bisa ditemukan di Home Living Salebrations dengan diskon hingga 90% dan cashback hingga Rp400 ribu.

Di sisi lain, menjaga kesehatan menjadi hal penting yang terus diperhatikan masyarakat khususnya selama Ramadan. “Masker medis, obat herbal dan vitamin adalah sejumlah produk paling laris di Tokopedia saat menjelang Ramadan 2023,” kata Nuraini.

Melihat tingginya animo belanja masyarakat, khususnya jelang Ramadan 2023, Tokopedia pun menggelar #LengkapiRamadan yang di mulai dari 20 Maret-30 April 2023, berisi berbagai promo dan kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp2.000, belanja minimum Rp20 ribu bisa bebas ongkir.

Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750 ribu serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

Khusus pada tanggal 4 dan 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai kebutuhan Ramadan dengan promo bebas ongkir, diskon hingga 90% serta cashback sampai Rp1 juta.

“Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023 untuk membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan selama bulan puasa. Informasi lain terkait pengembangan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia,” tutup Nuraini. (*)