Tips Membuat Rumah Tetap Rapi dan Bersih Meski Ditinggal Asisten Rumah Tangga Mudik Lebaran

By Nadia Fairuz Ikbar, Rabu, 19 April 2023 | 20:50 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah (cleanmyspace.com​)

 

NOVA.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak penghuni rumah yang ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga (ART).

Hal ini tentu bisa membuat penghuni rumah kewalahan dalam urusan membersihkan dan merapikan rumah yang biasa dikerjakan oleh asisten rumah tangga.

Jadi, apabila kamu juga ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga di rumahmu, terdapat beberapa tips untuk membuat rumah tetap bersih dan rapi.

Dilansir beberapa sumber yang dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/04/2022), berikut ini tips agar rumah tetap bersih dan rapi saat ditinggal mudik oleh ART.

Menata barang dengan rapi dan terorganisir

Agar terhindar dari kekacauan yang membuat rumah berantakan, pastikan untuk selalu menata barang dengan rapi dan terorganisir.

Bersihkan debu setiap hari

Biasakan membersihkan debu setiap hari ketimbang membersihkannya beberapa hari sekali yang dapat membuat penumpukan.

Menyingkirkan debu setiap hari bukan pekerjaan yang melelahkan karena cara membersihkannya lebih mudah ketimbang membersihkannya sesekali.

Kembalikan segala barang ke tempatnya setiap malam

Entah itu buku, mainan anak, peralatan masak, dan lain sebagainya, segera kembalikan barang-barang ke tempatnya setiap malam, atau seusai digunakan untuk menjauhkan kekacauan terjadi.

Salah satu alasan kamu harus melakukan hal ini adalah karena memungkinkan kamu memulai hari pada pagi hari dengan segar, baru, dan tidak berantakan.