Aplikasi Membaca BukuAku Hadir untuk Balita hingga Anak-Anak, Sediakan Fitur-fitur Menarik

By Annisa Octaviana, Selasa, 30 Mei 2023 | 20:02 WIB
Peluncuran BukuAku di Cinepolis Senayan Park, Selasa (30/05). (Dok. Annisa/NOVA)

NOVAid – Minat membaca pada anak-anak sejatinya harus dibangun bahkan semenjak mereka masih berada dalam kandungan.

Memiliki minat membaca saat ibu sedang mengandung memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menstimulasi otak bayi.

Langkah ini menjadi salah satu upaya bersama untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Pasalnya, merujuk Program for International Student Assesment (PISA), Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan peringkat literasi rendah. Tercatat, Indonesia menduduki peringkat 62 dari 70 negara.

Melihat hal ini, holding company Lumina Education meluncurkan aplikasi BukuAku, sebuah aplikasi perpustakaan digital untuk para pembaca muda, dimulai dari usia balita hingga 14 tahun.

BukuAku dirancang untuk menghadirkan pengalaman membaca yang menyenangkan untuk membangun rasa cinta membaca sejak dini.

Stephanie Riady, CEO Lumina Education mengungkapkan, di luar Jabodetabek, banyak perpustakan yang masih kekurangan buku-buku.

“Kami berpikir bagaimana kami bisa berkontribusi membuat gerakan membaca buku di Indonesia. Ini gerakan bersama dan BukuAku berpartisipasi di ekosistem yang sudah ada,” ujar Stephanie saat ditemui NOVA di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (30/05).

Untuk membangun budaya cinta membaca sejak dini, BukuAku memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan komprehensif bagi anak-anak.

Baca Juga: Pintar Atur Emosi, Tatjana Saphira: Selalu Baca Buku Kalau Lagi Nunggu di Set

(Dok. BukuAku)
BukuAku juga memiliki fitur-fitu unggulan yang dapat digunakan, agar dapat memberikan pengalaman membaca yang lebih menyenangkan dan komprehensif bagi anak-anak.

Fitur-fitur tersebut antara lain Read-to-me Books, fitur audio agar kegiatan membaca lebih interaktif. Setiap kata yang sedang dibaca diberi tanda kotak saat audio diputar untuk membantu si kecil menghubungkan suara dan teks.