Tidak Cuma Ibu, Ayah Juga Berperan Penting dalam Kehidupan Anak

By Nadia Fairuz Ikbar, Jumat, 9 Juni 2023 | 17:05 WIB
Peran penting ayah dalam kehidupan anak ()

 

NOVA.id - Sahabat NOVA tentu sudah tidak asing dengan istilah Ibu adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya.

Dengan istilah itu, banyak orang yang beranggapan jika hanya ibu saja yang memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya.

Sehingga banyak yang mengabaikan jika peran ayah juga penting bagi kehidupan anak.

Padahal, ayah juga amat berperan dalam berbagai aspek kehidupan anak, mulai mulai dari fisik, intelektual sampai perkembangan spiritualnya.

Mengutip dari Kompas.com, menurut psikolog Tiga Generasi, Ayoe Sutomo, M.Psi., dalam rilis Teman Bumil, menyebutkan bahwa peran ayah dan ibu memang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Ayoe menjelaskan bahwa ayah akan lebih berperan dalam stimulasi anak daripada ibu, contohnya ketika bermain dan aktivitas yang melibatkan gerak.

Selain itu, secara emosi ayah juga biasanya lebih tegas, lebih berani mengambil tantangan dan berani mencoba sesuatu yang baru.

Lain halnya dengan kehidupan sosial, ayah akan mengajarkan anak untuk bisa memecahkan konflik, sehingga membuat anak lebih percaya diri pada saat ia terjun ke dunia sosial atau saat bermain bersama teman-temannya.

Berapa lama sebaiknya ayah menghabiskan waktu dengan anak?

Meski kemungkinan besar para ayah akan menghabiskan waktu untuk bekerja, bukan berarti bonding tidak bisa tercipta antara mereka dan buah hati mereka.

Kuncinya ada pada kualitasnya bukan pada berapa lama waktu yang dihabiskan bersama.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara Fatherless Ketiga di Dunia, Apa Itu Fatherless?