Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui, Ketahui Penyebab dan Solusinya!

By Annisa Octaviana, Senin, 12 Juni 2023 | 16:02 WIB
Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui. (Dok. iStock)

NOVA.id – Ibu wajib tahu, cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui.

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui seharusnya sudah bisa dipahami oleh para ibu yang sedang berada dalam masa menyusui.

Pasalnya, masa menyusui menjadi masa terpenting bagi ibu dan si bayi. Untuk itu, ibu harus memastikan ASI lancar agar bayinya mendapatkan nutrisi dari ASI yang cukup.

Sayangnya, proses menyusui tak selamanya lancar.  Kondisi yang paling seringkali ditemui adalah masalah ASI sedikit atau tidak keluar hingga mengalami pembengkakan.

Mengenai permasalahan tersebut, Hanna, Konsuler Menyusui Fenucaps Indonesia menuturkan, pembengkakan itu merupakan gejala mastitis atau infeksi payudara akibat peradangan di jaringan payudara.

Kondisi itu umumnya terjadi pada ibu menyusui, terutama pada 6-12 minggu pertama setelah melahirkan.

“Fakta menunjukkan, hampir 98% ibu menyusui mengalami pembengkakak saat awal menyusui,” ungkap Hanna melalui keterangan pers yang diterima NOVA.

Ada beberapa faktor yang memicu pembengkakan, di antaranya, ibu mengalami kelelahan pasca bersalin, stres, atau kurang zat besi.

Lalu pembengkakan juga dipicu oleh produksi ASI yang jauh melebihi jumlah yang diminum oleh bayi, tidak memerah air susu saat tidak menyusui bayi pada waktunya, hingga payudara tertekan.

Baca Juga: 5 Tanda Perlekatan Menyusui yang Salah, Bayi Sedot Angin Alih-Alih ASI

“Bahkan posisi tidur yang salah, salah memakai ukuran bra, hingga kebiasaan memakai pakaian yang terlalu ketat juga bisa memicu pembengkakan tersebut,” jelas Hanna.

Untuk mengatasi permasalahan itu, lanjut Hanna, bisa dilakukan dengan memijat payudara, memerah payudara menggunakan alat perah ASI atau pumping device.