Kenali 9 Tanda Kekerasan dalam Hubungan Melalui Program YSL Beauty

By Maria Ermilinda Hayon, Kamis, 29 Juni 2023 | 14:25 WIB
Program Abuse is Not Love dari YSL Beauty Indonesia Bantu Kenali 9 Tanda Kekerasan dalam Hubungan (NOVA/MARIA)

 

NOVA.ID - Kasus kekerasand dalam hubungan seperti fenomena gunung es.

Pasalnya, apa yang terlihat dan dilaporkan belum semua kasusnya.

Mirisnya, ada banyak korban kekerasan dalam hubungan yang tidak melaporkan karena ketidaktahuan mereka mengenai kekerasan dalam hubungan itu sendiri.

Padahal data dari WHO mengatakan bahwa satu dari tiga perempuan mengalami kekerasan dalam hubungan dengan pasangan selama hidupnya.

Kekerasan dalam hubungan dengan pasangan merupakan salah satu masalah sosial utama yang dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti kekerasan fisik, seksual, emosional, finansial, hingga pengendalian perilaku oleh pasangan.

Hal ini dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki, dengan prevalensi terbesar terjadi pada generasi muda berusia 16 hingga 24 tahun.

Berdasarkan data Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan 2023 kekerasan dalam hubungan dengan pasangan mendominasi pengaduan ke Komnas Perempuan di kategori ranah personal.

Ada 713 kasus kekerasan yang dilakukan oleh mantan pacar; 622 kasus kekerasan terhadap istri; dan 422 kasus kekerasan dalam pacaran.

Salah satu faktor fenomena ini terus terjadi karena adanya mispersepsi dalam masyarakat tentang hubungan dengan pasangan yang sehat dan seringkali kekerasan ini dinormalisasi sebagai bentuk ekspresi cinta.

Melihat penting dan mendesaknya hal ini, Yves Saint Laurent (YSL) Beauty Indonesia meluncurkan program Abuse is Not Love.

Abuse is Not Love adalah sebuah global program yang bertujuan untuk melawan kekerasan dalam hubungan dengan pasangan melalui kerjasama dengan mitra non-profit.

Baca Juga: Tidak Mudah, Begini Tips Melepaskan Diri dari Pasangan yang Abusive