Speech Delay Sebabkan Orang Tua Aniaya Balita hingga Tewas, Apa Itu Speech Delay?

By Annisa Octaviana, Minggu, 2 Juli 2023 | 19:02 WIB
Ilustrasi anak alami speech delay. (Dok. iStock)

NOVA.id – Speech delay jadi penyebab orang tua aniaya balita hingga tewas, kenali apa itu speech delay?

Belum lama ini, orang tua berinisial AZ dan D tega menganiaya balitanya berinisial R (4) hingga tewas.

Dilansir dari Kompas.com, AZ dan D menganiaya R karena kesal sang anak mengidap speech delay atau keterlambatan berbicara.

Terduga pelaku berinisial AZ dan D pun langsung ditangkap, dengan status AZ sebagai ibu kandung dan D sebagai ayah tiri.

Berbicara mengenai speech delay, para orang tua rasanya wajib tahu apa yang menyebabkan sang anak mengalami hal tersebut.

Pada kondisi speech delay anak tidak mampu menyampaikan isi pikirannya dengan baik, sehingga kata-katanya sulit dipahami.

Biasanya, anak-anak mulai mengucapkan kata-kata pertama mereka sekitar usia 1 tahun dan mulai membentuk kalimat sederhana pada usia 2 tahun.

Anak-anak dengan speech delay mungkin memiliki keterlambatan dalam berbagai aspek bahasa, termasuk pengucapan kata-kata dengan jelas, pemahaman kata-kata dan kalimat, serta kemampuan memproduksi kalimat yang terstruktur dengan baik.

Dalam beberapa kasus, anak yang mengidap speech delay mungkin mengulangi kata-kata atau suara tertentu, mengganti suara dengan suara lain, atau memiliki vokal yang tidak jelas.

Baca Juga: Viral di TikTok, Ibu Pukul Anak saat Ketinggalan Kereta, Ini Dampak Stres Orang Tua pada Si Kecil

Penyebab Speech Delay

Penyebab speech delay sendiri bisa beragam, termasuk faktor genetik, kelainan perkembangan, gangguan pendengaran, gangguan perkembangan, masalah motorik mulut, kekurangan interaksi dan stimulasi verbal, serta faktor lingkungan seperti kurangnya kesempatan berbicara dengan anak.