Menkes RI Budi Gunadi Sadikin Raih Penghargaan Pahlawan Transformasi Kesehatan Indonesia dari PDSI

By Annisa Octaviana, Senin, 17 Juli 2023 | 10:35 WIB
Prof. Deby Vinski berikan penghargaan kepada Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. (Dok. PDSI)

NOVA.id - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menerima kehormatan dan apresiasi atas pemikiran sumbangsih dan keberaniannya dalam melakukan perubahan Transformasi Kesehatan Indonesia.

Penghargaan ini diterima oleh Menkes RI di ruang Leimena Kantor Kemenkes RI, yang dihadiri oleh PDSI (Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia) dan perwakilan Koalisi Pendukung UU OBL Kesehatan.

Wakil Ketua Umum PDSI Prof.dr. Deby Vinski MSc, PhD menyampaikan sambutannya dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI Jokowi, DPR Komisi IX dan penghargaan kepada Ketua Panja Emmanuel Melkiades Leka Lena, dan anggota serta semua pihak yang ikut mendukung dibahas dan disahkannya UU OBL kesehatan ini, sehingga mencatatkan sejarah bangsa bahwa bangsa berani maju mengalahkan hoax dan upaya menghambat UU Omnibuslaw Kesehatan.

Deby Vinski memang dikenal tokoh berani dan kuat memberi masukan dan memberikan dukungan baik kepada DPR RI Komisi IX maupun team Kemenkes.

PDSI dengan Ketumnya Brigadir Jenderan TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyatno, Sp.B., M.A.R.S dan Sekjennya dr Erfen Gustiawan Suwangto, Sp. KKLP, SH, MH (Kes) sejak awal berdiri telah menyatakan tekad mendukung pemerintah melakukan perubahan secara matang dengan masukan masukannya.

Di saat gelombang protes dan demo menentang RUU Omnibuslaw Kesehatan ini, Deby Vinski dan PDSI dengan berani telah melakukan Deklarasi Vinski Tower melalui press conference, dilanjutkan dengan menjaring koalisi 17 bersama Dr. dr. Judilherry Justam Permerhati Kesehatan, dr. Yenny Tan Ketua FDSP, dr. Sheryn keponakan Prabowo dan Brigjen Mufti Djusnir Apt M.Si dari apoteker dan Ibu Merry dari KAMPAK serta berbagai organisasi Nakes maupun Asnakes serta organisasi Masyarakat yang akhirnya berjumlah 38 organisasi semua bersatu demi kepentingan masyarakat.

Ketum PDSI dan Sekjennya sejak awal bukan hanya mendukung tetapi juga memberikan masukan.

Ketum PDSI Brigjen Jajang menyatakan PDSI tidak meminta kekuasaan organisasi ini juga ditegaskan oleh Deby Vinski bahwa yang diutamakan adalah bukan kepentingan kelompok dan organisasi melainkan kepentingan masyarakat.

Sesuai Visi dan Misi PDSI yakni Bela NKRI, Bela Kesejawatan dan Indonesia untuk dunia.

Baca Juga: Masuki Tahun Ajaran Baru, Simak Ketentuan Seragam Sekolah Menurut Peraturan Kemendikbud

Dengan rendah hati Deby Vinski menyatakan bahwa dengan disahkannya UU Omnibuslaw Kesehatan ini, maka kerja keras memajukan dunia kesehatan tanpa organisasi tunggal dan monopoli telah dimulai dan perlindungan hukum akan semakin baik.

Juga anti perundungan serta tak perlu lagi Surat Rekomendasi organisasi profesi adalah hal positif serta STR seumur hidup sangat disyukuri serta kemudahan lainnya membuat terobosan Kemenkes, yang dinakhodai Budi Gunadi Sadikin merupakan catatan sejarah Bangsa Indonesia sehingga sangat layak Menteri Kesehatan RI diganjar penghargaan Pahlawan Transformasi Kesehatan Indonesia.