Buat Anak Punya Empati dan Daya Juang, Ini Cara Ajarkan Kebaikan Sejak Dini

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 5 Agustus 2023 | 16:35 WIB
Manfaat ajarkan kebaikan sejak dini bagi anak-anak. (Sasiistock)

 

NOVA.ID – Memberikan pendidika pada anak bukan hanya soal pelajaran di sekolah saja.

Namun juga penting mengajarkannya nilai-nilai kehidupan.

Salah satunya, penting untuk mengajarkan kebaikan pada anak karena ada banyak manfaat ajarkan kebaikan sejak dini.

Mengajarkan kebaikan pada anak sedari dini dinilai sangat penting guna menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Serta, untuk menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang penuh empati, simpati, peduli kepada sekitar, serta dapat mengekspresikan perasaannya dengan baik.

"Agar anak tumbuh kembangnya optimal, ciptakan lingkungan rumah yang positif, dan ajarkan anak kebaikan serta stimulasi. Hindari bentakan pada anak, bertengkar di depan anak, agar ia tidak sulit menerima masukan, dan hal kebaikan baru lainnya," ujar dokter Fatimah Pitaloca pada acara talk show di playdate Lactacyd Baby Star, dikutip Rabu (2/8/2023).

Fatimah pun memaparkan upaya yang bisa dilakukan orang tua, guna menumbuhkan dan meningkatkan rasa kepedulian serta mengekspresikan diri pada si kecil, mulai usia dini.

Antara lain, para ibu bisa menjadi contoh atau role model bagi anak.

"Si kecil adalah peniru ulung, maka berilah contoh mudah terlebih dahulu dalam hal peduli sesama dan mengekspresikan diri," kata dia.

Lalu, lanjutnya, libatkan anak dalam kegiatan sosial. Kebiasaan kecil ini bisa dilakukan dengan cara ibu memberikan donasi atau berbagi makanan, dan ikut kegiatan amal. Kemudian, ajarkan anak membantu pekerjaan rumah.

"Latih kepedulian si kecil juga bisa dimulai dari rumah dengan melibatkan si kecil seperti menyiapkan makanan," jelas Fatimah.

Baca Juga: Sandra Bullock Pada Anaknya: Saya Ajarkan Kebaikan dan Keburukan Dunia Dengan Adil