Ibu Wajib Tahu! Ini Urutan E-Commerce Favorit untuk Beli Kebutuhan Rumah Tangga

By Maria Ermilinda Hayon, Kamis, 31 Agustus 2023 | 16:05 WIB
Urutan E-Commerce Favorit untuk Beli Kebutuhan Rumah Tangga (Independent)

NOVA.ID – Saat ini belanja melalui e-commerce memang jadi favorit semua orang, tak terkecuali para ibu.

Bukan tanpa sebab, kemudahan dan banyaknya diskon membuat kita betah untuk belanja online di e-commerce.

Apalagi kita bisa menemukan banyak produk untuk bisa memenuhi kebutuhan, baik primer maupun sekunder.

Tapi, tahukah Sahabat NOVA jika ada urutan e-commerce favorit khususnya untuk membeli berbagai kebutuha rumah tangga?

Jadi, guna mempelajari lebih lanjut terkait perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan platform jual beli online, perusahaan riset Populix melakukan sebuah studi untuk memahami perilaku dan motivasi masyarakat Indonesia dalam membeli barang melalui platform e-commerce.

Termasuk alasan dalam memilih brand e-commerce yang digunakan, khususnya pada kategori produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan.

Bertajuk “Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Membeli Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan Melalui E-commerce”.

Studi ini dilakukan melalui survei online terhadap 1.005 responden laki-laki dan perempuan di Indonesia yang aktif dalam mengakses internet dan aplikasi e-commerce.

Survei yang dilakukan oleh Populix pada bulan Juli 2023 ini mengungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82 persen) untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13 persen) maupun secara offline (6 persen).

Beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79 persen), gratis ongkos kirim (72 persen), harga lebih murah dari toko offline (62 persen), tersedia diskon pembelian (61 persen), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57 persen).

Anggaran yang dikeluarkan untuk berbelanja di e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja di media sosial.

Baca Juga: Survei: E-Commerce Jadi Pilihan Utama Perempuan untuk Belanja Kebutuhan Saat Ramadan