NOVA.ID – Saat ini belanja di e-commerce atau marketplace menjadi gaya hidup yang semakin berkembang di tengah masyarakat modern.
Ada banyak alasan mengapa memilih marketplace untuk berbelanja.
Mulai dari harganya yang lebih terjnagkau, praktis, dan juga banyak pilihan produk yang mudah untuk dibandingkan.
Nah, soal produk, tentu belanja di marketplace kita juga ingin mendapatkan produk dengan kualitas baik.
Biasanya kita akan melihat rating hingga ulasan dari pembeli sebelumnya.
Selain itu, kita juga bisa melihat apakah suatu brand punya kualitas yang baik dari penghargaan dan pencapaian yang telah didapat.
Bicara soal penghargaan ini, Infobrand.Id kembali menghadirkan penghargaan bagi brand-brand nasional dan internasional yang menjajakan produknya di marketplace Indonesia, Brand Choice Award 2023.
Ajang penghargaan ini digelar dengan melihat masifnya aktifitas brand di ranah digital. Sehingga peluang untuk dibeli dan menjadi brand pilihan konsumen terbuka lebar.
“Apalagi pengguna internet di Tanah Air juga terus bertambah. Penting untuk brand mengetahui perubahan perilaku konsumen ke digital untuk mencapai level brand pilihan konsumen,” Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID belum lama ini.
Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea) transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 tercatat sebesar Rp476,3 triliun, dan diproyeksikan kembali meningkat menjadi Rp572 triliun pada tahun ini.
Sehingga untuk kesebelas kalinya Infobrand.Id bersama Tras N Co Indonesia melakukan riset Brand Chocie Index 2023.
Baca Juga: Laris Manis di TikTok, The Originote Berhasil Raih Brand Choice Award 2023
Brand Choice Index 2023 meriset 2.500 brand mulai April-Juni 2023, terhadap 300 kategori produk.
Hasilnya, terdapat lebih dari 63 juta transaksi produk, 36,9 juta ulasan, dan penilaian rata-rata 4,68 dari 5 melalui official store brand di dua marketplace teratas.
Brand Choice Index 2023 dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian, yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect.
Adapun parameter penilaian yang digunakan harus memenuhi tiga kriteria sebagai berikut, brand-brand ter-riset memiliki official store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia; brand-brand ter-riset meraih angka final skor 10 persen atau lebih di kategori produknya.
Serta brand achiever berada pada posisi tiga teratas dikategorinya, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal tiga brand ter-riset di satu kategori tersebut.
Beberapa brand peraih Brand Choice Award 2023 dari hasil riset yang dilakukan antara lain; Dekkson untuk kategori Handle Pintu. Noera untuk kategori Lip Serum, Lip Scrub, Teh Diet, Minuman Kolagen, dan Deodorant Body Spray.
Barbara untuk kategori Hair Spray, Heylook untuk kategori Tas Laptop, Jaket Parasut Wanita, dan Tas Gym. Bumbu Bunda Elia untuk kategori Kaldu Jamur.
Y.O.U untuk kategori Essence. Rexco untuk kategori Pelumas Anti-Karat. Grace and Glow untuk kategori Hair Spray. Denali untuk kategori Syrup Gourmet. American Tourister untuk kategori Koper. Modena untuk kategori Dispenser Galon Bawah.
Salsa untuk kategori Peeling-Gel. Enervon-C untuk kategori Multivitamin. Carvil untuk kategori Sandal Pria. UBS Lifestyle untuk kategori Kalung Emas. Niko untuk kategori Kompor Tanam, serta beberapa brand lainnya.
Lia Amalia selaku CEO Bumbu Bunda Elia, yang meraih penghargaan dalam kategori Kaldu Jamur menuturkan pihaknya fokus pada bumbu anak tanpa MSG dan tanpa pengawet sehingga produknya disukai dan menjadi pilihan ibu untuk tumbuh kembang anaknya.
“Kandungan yang dimiliki Bumbu Bunda Elia ini tanpa gula dan garam namun gak plain karena terdapat rasa asli dari protein hewani dan sumber lemak baik. Sehingga dapat memutus gerakan anak tutup mulut,” tutupnya.
Nah, itulah beberapa brand yang mendapat Brand Choice Award 2023. (*)