Libatkan UKM, Festival Bogasari Sukses Tembus Transaksi Rp193 Juta!

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 1 Oktober 2023 | 17:05 WIB
Antusiasme Pengunjung yang Hadir di Festival Bogasari 2023 Turut Meramaikan Booth yang Menampilkan Berbagai Produk Pilihan dari Bogasari (Dok. Bogasari)

NOVA.ID - Pencapaian Festival Bogasari 2023 yang digelar di 3 kota dalam waktu 3 minggu sejak 10 sampai 23 September, melebihi target yang ditetapkan Bogasari.

Baik target dari sisi jumlah pengunjung maupun transaksi penjualan produk UKM makanan berbasis terigu dan produk grup Indofood.

Target pengunjung yang ditetapkan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari di tiap kota adalah minimal 3.000 orang atau total 10.000.

Sedangkan pengunjung yang hadir hampir mencapai 14.000 orang.

Andriana, Product Group Development Manager Bogasari mengatakan “Tahun ini kami kembali melangsungkan Festival Bogasari 2023 yang sebelum masa pandemi sebenarnya memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan kami. Pasca pandemi di tahun 2023 ini, tentunya menjadi suatu semangat baru untuk Bogasari, yang mana semangat itu juga terlihat dari antusiasme pengunjung yang hadir.”

Dari keseluruhan jumlah pengunjung di ketiga kota - Kuningan, Yogyakarta dan Semarang, tercatat kota Yogyakarta yang menjadi kota terbanyak pengunjungnya dengan 6.221 pengunjung.

Disusul dengan Semarang dengan 4.360 pengunjung, dan Kuningan dengan 3.313 pengunjung.

“Tentunya total keseluruhan pengunjung yang hadir ini melebihi dari apa yang kami targetkan di awal, yaitu sebanyak 10,000 pengunjung,” ungkap Andriana.

Kesuksesan Festival Bogasari 2023 ini juga ditandai dengan pencapaian penjualan dengan total nilai transaksi di tiga kota hampir menembus Rp200 juta atau tepatnya Rp193 juta.

Penjualan tertinggi berada di Kota Yogyakarta dengan nominal sebesar Rp73 juta, disusul Semarang sebesar Rp71 juta dan Kuningan sebesar Rp49 juta.

Penjualan produk di tiap kota ini dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni produk grup Indofood dan UKM.

Baca Juga: Hajatan UMKM Bersama Kemenkop UKM RI, Grab dan OVO Dorong Digitalisasi Pedagang Pasar