Libatkan UKM, Festival Bogasari Sukses Tembus Transaksi Rp193 Juta!

By Maria Ermilinda Hayon, Minggu, 1 Oktober 2023 | 17:05 WIB
Antusiasme Pengunjung yang Hadir di Festival Bogasari 2023 Turut Meramaikan Booth yang Menampilkan Berbagai Produk Pilihan dari Bogasari (Dok. Bogasari)

NOVA.ID - Pencapaian Festival Bogasari 2023 yang digelar di 3 kota dalam waktu 3 minggu sejak 10 sampai 23 September, melebihi target yang ditetapkan Bogasari.

Baik target dari sisi jumlah pengunjung maupun transaksi penjualan produk UKM makanan berbasis terigu dan produk grup Indofood.

Target pengunjung yang ditetapkan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari di tiap kota adalah minimal 3.000 orang atau total 10.000.

Sedangkan pengunjung yang hadir hampir mencapai 14.000 orang.

Andriana, Product Group Development Manager Bogasari mengatakan “Tahun ini kami kembali melangsungkan Festival Bogasari 2023 yang sebelum masa pandemi sebenarnya memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan kami. Pasca pandemi di tahun 2023 ini, tentunya menjadi suatu semangat baru untuk Bogasari, yang mana semangat itu juga terlihat dari antusiasme pengunjung yang hadir.”

Dari keseluruhan jumlah pengunjung di ketiga kota - Kuningan, Yogyakarta dan Semarang, tercatat kota Yogyakarta yang menjadi kota terbanyak pengunjungnya dengan 6.221 pengunjung.

Disusul dengan Semarang dengan 4.360 pengunjung, dan Kuningan dengan 3.313 pengunjung.

“Tentunya total keseluruhan pengunjung yang hadir ini melebihi dari apa yang kami targetkan di awal, yaitu sebanyak 10,000 pengunjung,” ungkap Andriana.

Kesuksesan Festival Bogasari 2023 ini juga ditandai dengan pencapaian penjualan dengan total nilai transaksi di tiga kota hampir menembus Rp200 juta atau tepatnya Rp193 juta.

Penjualan tertinggi berada di Kota Yogyakarta dengan nominal sebesar Rp73 juta, disusul Semarang sebesar Rp71 juta dan Kuningan sebesar Rp49 juta.

Penjualan produk di tiap kota ini dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni produk grup Indofood dan UKM.

Baca Juga: Hajatan UMKM Bersama Kemenkop UKM RI, Grab dan OVO Dorong Digitalisasi Pedagang Pasar

Sebagai brand yang dikenal dengan berbagai produk olahan gandum yang menjadi pendukung dalam dunia kuliner Indonesia, Festival Bogasari menjadi wadah dalam mendukung dan menunjang pertumbuhan para UKM lokal dengan mengajak para pelaku untuk terlibat langsung di Festival Bogasari.

Diketahui sebanyak 90 UKM hadir meramaikan Festival Bogasari 2023 yang digelar di 3 kota dengan membawa ciri khas masing-masing dari olahan yang mereka produksi.

Di antaranya Nederland Bakery Cirebon, Citra Rasa Kue Majalengka, Hisana Fried Chicken, Twin Bakery & Cake, Dapur Ceu Edoh (Jajanan Pasar), Pangsit Cinuy, Pandawa Kulit Lumpia, Martabak IKTS Semarang, Martabak Pelangi Semarang, Papa Cookies Bantul, Dewi Cakra Zuppa Soup Bantul, Mie Ayam Hijau Spirulina Yogyakarta, Malika Kebab, dan masih banyak lagi.

“Acara Festival Bogasari ini bagi kami pelaku UKM sangat berkesan sekali, karena selain membantu mengenalkan produk yang hendak kami jual, juga sekaligus memberikan inspirasi kepada kami untuk bisa terus berinovasi melalui produk-produk unggulan dari Bogasari. Semoga acara seperti ini bisa terus diadakan oleh Bogasari kedepannya,” harap Eriyanto Eko Saputro, pemilik Papa Cookies Bantul, pelaku UKM Yogyakarta.

Festival Bogasari ini juga didukung oleh produk grup Indofood selain Bogasari yakni, Bumbu Racik Indofood, Club, La Fonte, Mie Telur Cap 3 Ayam, dan Sarimi yang ikut terlibat dengan membuka stand penjualan selama acara berlangsung.

Festival Bogasari 2023 yang hadir di 3 kota di Indonesia ini juga turut menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti rangkaian yang dimulai dengan senam bersama sebagai bagian dari ajakan Bogasari kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga.

Kemudian para pengunjung yang hadir dapat menyaksikan hiburan dari beberapa penampilan siswa dan band lokal.

Tidak hanya hiburan semata, Bogasari juga memberikan inspirasi melalui baking demo pembuatan produk kolaborasi tepung terigu dengan hasil pertanian lokal tiap daerah.

Seperti untuk wilayah Kuningan, disajikan Lukumades Ubi Ungu dan Cupcake Tape Ketan Hijau.

Dari Yogyakarta dengan sajian inspirasi Pangsit Salak, dan Semarang dengan Kentang Kribo dan Banana Cupcake, yang di demokan secara langsung oleh Chef dari Bogasari Baking Center.

Guna menunjang pertumbuhan para UKM, Bogasari juga mengadakan berbagai kegiatan tidak hanya Festival Bogasari di tiga kota, selain itu ada KIAT (Kunci Informasi dan Teknologi) yang diadakanan di empat kota, serta pelatihan kreasi mie kekinian di empat kota. (*)