Serunya Pameran Perjalanan Bobo Tiap Generasi, Hingga  Majalah Bobo dari Indonesia dan Belanda

By Maria Ermilinda Hayon, Senin, 16 Oktober 2023 | 08:05 WIB
Pameran perjalanan Bobo dari generasi ke generasi mulai tanggal 7 hingga 19 Oktober 2023, pukul 10.00 – 16.00 WIB di Erasmus Huis. (Bobo)

NOVA.ID - Dalam rangka perayaan Hari Anak Belanda pada 5 Oktober 2023 dan perjalanan 50 tahun Bobo hadir di Indonesia, Erasmus Huis dan Yayasan 17000 Pulau Imaji mengadakan program literasi “Growing Up with Bobo”.

Dengan menghadirkan Majalah Bobo dari Indonesia dan Belanda, program ini akan mengadakan sesi diskusi pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023, pukul 16.00 WIB.

Ada juga pameran perjalanan Bobo dari generasi ke generasi mulai tanggal 7 hingga 19 Oktober 2023, pukul 10.00 – 16.00 WIB di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan acara ini bersama dengan Erasmus Huis, terutama dalam merayakan sejarah majalah Bobo yang telah menjadi teman setia dari generasi ke generasi sejak pertama kali terbit di Belanda dan menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan literasi anak-anak di Indonesia.

Kegiatan ini kami harapkan bisa mengumpulkan kembali kejayaan literasi anak-anak ketika anak-anak di Indonesia berkumpul dan membaca bersama majalah ini dan mendapatkan banyak ilmu dan pelajaran berharga yang dihadirkan Bobo," ujar Laura Bangun Prinsloo, Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji.

Berlangsung di Perpustakaan Erasmus Huis, David Togatorop, M. Hum sebagai Editor in Chief Majalah Bobo Indonesia dan Renske Lamers sebagai Editor in Chief Majalah Bobo Belanda akan berbincang dan bernostalgia bersama tentang perjalanan Bobo dari masa ke masa.

“Majalah Bobo telah menjadi bagian penting dari masa kecil kita. Banyak dari pembacanya yang kini telah beranjak dewasa, memiliki kenangan tersendiri dari kisah yang inspiratif serta ilmu pengetahuan yang didapat dari Bobo. Perkembangan Bobo di Indonesia dan Belanda tidak hanya menunjukkan pentingnya majalah ini bagi para pembacanya, namun juga menjadi jembatan budaya antara kedua negara,” ujar Nicolaas de Regt, Direktur Erasmus Huis.

Terbit sejak 14 April 1973, Bobo versi Indonesia merupakan majalah yang terbit dengan penyesuaian isi dari majalah serupa di Belanda.

Bobo di Indonesia yang diterbitkan oleh Kelompok Kompas Gramedia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan pembaca Indonesia dengan target pembaca usia sekolah dasar.

Bobo versi Belanda terbit sejak 1 Januari 1968 dengan target pembaca anak usia sebelum sekolah.

Produk Majalah Bobo dari Blink Publishers ini pernah hadir di Indonesia dengan nama Bobo Junior dan sempat terbit hingga akhir tahun 2022.

(Bobo)