NOVA.ID - Belakangan ini tengah ramai peristiwa keributan sesama penumpang di KRL (Kereta Rel Listrik).
Terbaru, ada dua kericuhan viral yang disebabkan oleh hal yang sangat sepele.
Pertama, seorang ibu yang belum diketahui identiasnya nampak mengoceh ke penumpang lain karena alasan yang tak wajar.
Ibu tersebut marah ke perempuan yang duduk di depannya sebab menyilangkan kaki.
Kedua, ada juga kejadian ribut terbaru di KRL yakni seorang pria berkemeja kotak-kotak mengamuk ke penumpang lain saat akan naik atau masuk ke gerbong.
Pria tersebut bahkan hampir berkelahi dengan 4 orang termasuk petugas keamanan KRL.
Diketahui lewat video yang beredar, pria itu mengamuk karena alasan sepele yakni bersenggolan dengan penumpang yang akan turun.
KRL memang merupakan sarana transportasi umum tempat berkumpulnya berbagai orang dengan latar belakang dan kepentingan yang beragam.
Namun, tak jarang situasi di dalam KRL memanas dan menimbulkan keributan antar penumpang.
Lantas, bagaimana cara mengantisipasi kericuhan di dalam KRL yang dapat dilakukan oleh penumpang agar menciptakan lingkungan nyaman dan lebih damai di dalam kereta?
Berikut adalah beberapa cara mengantisipasi keributan di KRL yang dapat dilakukan oleh penumpang kereta.
Baca Juga: Viral! Ibu-ibu Ngamuk di KRL Cuma Gegara Penumpang Lain Silangkan Kaki, Akui Bikin Kepalanya Sakit
1. Dahulukan Penumpang Turun
Cara mengantisipasi keributan antar sesama penumpang di KRL yang pertama tentu dengan dahulukan penumpang turun.
Salah satu faktor utama keributan di KRL adalah hiruk-pikuk saat penumpang hendak turun.
Agar situasi tidak memanas, yuk Sahabat NOVA bersikap sabar dan memberi kesempatan bagi penumpang yang hendak turun untuk melakukannya dengan lancar.
Dengan memberi ruang dan waktu, kita dapat mencegah terjadinya desakan yang bisa memicu keributan.
2. Hormati Sesama Penumpang
Saling menghormati merupakan kunci utama dalam menciptakan kenyamanan di dalam KRL.
Sahabat NOVA perlu menghindari melakukan hal-hal yang dapat mengganggu atau merugikan penumpang lain.
Di antaranya seperti berbicara dengan suara keras, mendengarkan musik dengan volume tinggi, batuk tidak tutup mulut, atau merokok di dalam KRL.
Mari menghargai keberagaman dan kenyamanan sesama penumpang.
3. Berbagi Tempat Duduk dan Ruang
Baca Juga: Lagi-lagi di KRL! Penumpang Saling Ribut Gegara Naik dan Turun Kereta, Ditegur Kok Makin Ngamuk
Mengantisipasi kekeributan di KRL selanjutnya adalah dengan berbagi.
Di saat KRL penuh sesak, penting bagi kita untuk berbagi tempat duduk dan ruang dengan bijak.
Jika ada penumpang yang membutuhkan tempat duduk lebih dari kita, mari berinisiatif untuk memberikan tempat tersebut.
Sikap saling peduli dan empati akan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kereta.
4. Menjaga Suara dan Bicara
Cara mengantisipasi keributan sesama penumpang KRL yang satu ini masih berkaitan dengan saling menghormati.
Hindari berbicara dengan suara keras, berkata kotor, marah, atau mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi.
Menghargai ketenangan lingkungan sekitar dapat mencegah konflik verbal dan meningkatkan kenyamanan bersama.
5. Memberi Prioritas pada Penumpang Berkebutuhan Khusus
Cara mengantisipasi keributan sesama penumpang KRL yang terakhir adalah soal prioritas.
Berikan tempat duduk yang nyaman kepada penumpang lanjut usia, ibu hamil, atau orang dengan kebutuhan khusus.
Sikap saling menghargai akan menciptakan lingkungan yang harmonis di dalam KRL.
Nah itu tadi Sahabat NOVA beberapa cara mengantisipasi keributan antar penumpang di dalam KRL. (*)