Waduh! Nyeri Perut Sebelah Kanan Atas Bisa Jadi Tanda Pelemakan Hati, Cepat Lakukan Pemeriksaan Elastografi Hati

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 28 Oktober 2023 | 21:05 WIB
Elastografi hati memiliki tiga keuntungan untuk mengetahui masalah kesehatan hati termasuk perlemakan hati. (Rasi Bhadramani)

NOVA.ID - Sahabat NOVA pernah merasakan nyeri perut sebelah kanan atas?

Jika iya, maka perlu waspada.

Sakit perut sebelah kanan sering kali disebabkan oleh penumpukan gas di perut atau gangguan pada usus dan saluran bilier.

Akan tetapi, nyeri perut sebelah kanan atas juga bisa jadi tanda kondisi gangguan kesehatan lain seperti perlemakan hati.

Perlemakan hati adalah kondisi hati yang menyimpan lemak secara berlebihan.

Masalah kesehatan ini pun dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

“Kasus perlemakan hati akibat gangguan metabolik di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dalam dekade akhir. Faktor-faktor seperti perubahan gaya hidup, pola makan yang tidak sehat.

Tingginya insidensi obesitas dan diabetes telah berkontribusi terhadap peningkatan kasus perlemakan hati di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menderita atau berisiko terserang penyakit hati akibat gangguan metabolik,” ujar dr. Saut Horas H. Nababan, Ph.D., Sp.PD-KGEH, dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan gastroenterohepatologi, yang aktif melayani pasien di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

Sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter agar mendapat diagnosis secara tepat, apalagi jika sudah muncul gejala.

Nah, untuk mengetahui kesehatan organ hati dengan cepat, aman, dan tanpa merasa sakit, bisa mencoba pemeriksaan elastografi hati.

Apa itu elastografi hati?

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Gejala Penyakit Hati Kronis yang Perlu Diketahui