Biasakan Anak Tidur Sendiri Bentuk Karakter Si Kecil, Ibu Harus Tahu Waktu yang Tepat

By Rahma, Sabtu, 25 November 2023 | 22:02 WIB
Anak tidur sendiri (evgenyatamanenko)

NOVA.id – Kebiasaan tidur dengan anak tentu jadi hal yang paling sering dilakukan kita para ibu dibanding dengan ayahnya.

Namun, tahukah Sahabat NOVA bahwa membiasakan anak tidur bersama orangtua akan mempengaruhi pertumbuhan karakter sang anak?

Sebaiknya biasakan si kecil tidur sendiri.

Tapi, ada umur ideal untuk membiasakan anak tidur sendiri

“Idealnya anak mulai dibiasakan tidur di kamar sendiri pada usia 3 tahun,” jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., psikolog dari Klinik Anak Mandiri kepada NOVA.id.

Lalu bagaimana jika tidur dengan saudara yang lebih tua atau kakak?

“Boleh saja, asalkan mereka berjenis kelamin sama. Kenapa? Karena anak masih dalam usia di mana mudah terpengaruh hal-hal yang dilihat baik itu baik atau buruk, sehingga antisipasi tetap diperlukan," tambahnya. 

Lantas bagaimana caranya agar si kecil mau berpindah tempat tidur?

Ketika akan membujuk anak untuk mau tidur di kamarnya sendiri, peran orangtua sangat penting.

Orangtua harus mampu membujuk dan memberikan pengertian kepada anak, agar mau punya kamar sendiri dan tidak berbagi kamar dengan sang kakak atau adik.

“Cara memberi pengertian dilakukan bertahap dan perlahan tentunya, bisa melalui buku cerita tentang anak yang berani tidur sendiri. Anak dapat juga diberi alasan agar tidurnya lebih leluasa, karena tidak berbagi dengan siapapun,” jelas Vera.

Menurut Vera, cara seperti itulah yang dapat diberikan kepada anak agar mau punya kamar sendiri.