Bermula dari Suka Berenang, Gita Alisa & Rindah Talitha Jadi Ilmuwan Kelautan Perempuan di Usia 20an

By Maulana Wildan Ibrahim, Jumat, 8 Desember 2023 | 19:35 WIB
Cerita Gita dan Rindah menjadi ilmuwan di bidang Ilmu Kelautan (Dok. SHEBA Hope Grows)

NOVA.ID - Bermula dari hobi berenang, siapa sangka kini sukses menjadi seorang ilmuwan kelautan di usia yang masih belia.

Ini cerita dua orang ilmuwan perempuan, Gita Alisa dan Rindah Talitha Vida yang berkontribusi untuk menjaga ekosistem bawah laut di Indonesia.

Keterikatannya dengan dunia air tak lepas dari cerita masa kecil dan peran sang ibunda.

Dua perempuan yang tengah menempuh program S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini pun bercerita jika keduanya memiliki awal mula yang sama sebelum terjun mendedikasikan diri untuk pelestarian terumbu karang di Indonesia.

"Dari dulu hobi banget berenang, jadi ketika saya lulus SMA dan memutuskan mau kuliah apa, saya cari jurusan-jurusan yang sekiranya bisa menunjang hobi saya berenang," kata Gita saat berbincang dengan NOVA, Kamis (8/12).

Hal yang sama juga disebutkan Rindah.

Dirinya menyukai dunia bawah laut karena diawali kesukaannya dengan renang dan jalan-jalan.

"Kecilnya suka berhubungan dengan air, berenang. Terus pada dasarnya seneng untuk jalan-jalan terus pertama kali diajak snorkling kaya ternyata emang seru," tutur Rindah.

Barulah saat menempuh studi S1 di Universitas Padjajaran, keduanya mulai menekuni lebih dalam soal dunia laut

Selain masuk di jurusan Ilmu Keluatan, diketahui keduanya mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) diving untuk lebih mangasah skill menyelamnya.

"Waktu S1 sama-sama ikut club diving namanya 'Oceanic' di Unpad, aku waktu itu juga jadi ketuanya,' ungkap Gita.

Baca Juga: Top! Sri Mulyani & Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Perempuan Berpengaruh di Dunia Versi Forbes, Ini Pencapaian Keduannya!