Ya Ampun Baru Tahu, Ternyata Begini Cara Menghilangkan Tungau di Badan Secara Alami

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 13 Desember 2023 | 22:05 WIB
5 cara menghilangkan tungau di badan secara alami ini agar tidak makin parah (iStock)

NOVA.id – Awas ada tungau di badan tanpa disadari! Bisa jadi masalah infeksi di kulit, lo.

Tungau adalah kelompok kecil hewan mikroskopis yang kelasnya sama dengan laba-laba dan kutu.

Tungai bisa hidup di berbagai lingkungan dan ada beberapa jenis tungau yang bisa menginfeksi manusia, salah satu jenis tungau yang umum adalah tungau scabies (Sarcoptes scabiei), yang menyebabkan penyakit kudis.

Tungau ini biasanya menyerang kulit manusia dan tanda ada tungau di badan yakni ada ruam, gatal-gatal yang parah, serta peradangan pada kulit.

Tungai jenis ini dapat menyebar melalui kontak langsung dengan individu yang terinfeksi atau melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi.

Selain itu, ada juga tungau debu rumah (atau tungau Dermatophagoides) adalah jenis lain yang biasanya ditemukan di rumah.

Tungai jenis ini tidak menginfeksi kulit manusia seperti tungau scabies, tetapi bisa menjadi alergen bagi beberapa orang dan menyebabkan reaksi alergi seperti bersin, gatal-gatal pada mata, atau ruam kulit.

Biasanya tungai debu rumah ditemukan di sofa, atau kasur yang jarang dibersihkan.

Infeksi tungau bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, oleh karena itu penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis yang tepat jika dicurigai ada infeksi tungau.

Jika kamu mencurigai adanya infeksi tungau di badan, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis untuk diberikan perawatan yang tepat.

Namun, Sahabat NOVA bisa juga melakukan beberapa cara menghilangkan tungau di badan secara alami dengan cara ini.

Baca Juga: Bikin Gatal, Cara Menghilangkan Tungau di Kasur Tanpa Harus Dicuci