Prudential Syariah Bagikan 5 Tips Merencanakan Keuangan dan Memiliki Peninggalan Berharga yang Berkah

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 30 Desember 2023 | 11:05 WIB
Kapan lagi bisa lindungi diri dan keluarga sambil menolong sesama? Ini tips merencanakan keuangan dari Prudential Syariah. (C.Y.Ronnie.W)

NOVA.id - Merencanakan masa depan kerap dikaitkan dengan berbagai risiko di setiap tahap kehidupan, terutama dari segi persiapan finansial.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa akan ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Seperti perubahan gaya hidup, pekerjaan, kondisi kesehatan dan mental, lingkungan pertemanan, dan sebagainya.

Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki tanggungan atau berkeluarga, persiapan finansial bagi masa depan perlu semakin matang diperhatikan.

Hasil Survei Empowering Aspirations 2023: Financial Preparedness in Asia yang dikeluarkan Prudential menunjukkan bahwa 64 persen masyarakat Indonesia memiliki kekhawatiran tentang bagaimana mereka akan memenuhi kebutuhan masa depannya apabila sesuatu yang buruk terjadi di masa yang akan datang.

Perihal pentingnya persiapan dana darurat, sebuah survei bertajuk Adult Financial Literacy 2020 mengungkap bahwa hanya sekitar 9 persen masyarakat Indonesia bisa bertahan lebih dari enam bulan dengan menggunakan dana darurat jika kehilangan pendapatan.

Dan sebanyak 46 persen hanya memiliki satu pekan untuk bertahan hidup.

Selebihnya, yaitu 18 persen memiliki waktu satu bulan untuk bertahan, 6 persen selama tiga bulan, sedangkan 22 persen tidak diketahui apakah mereka memiliki dana darurat jika kehilangan pekerjaan.

Tanpa perencanaan dan persiapan keuangan yang baik dan matang, seseorang akan beresiko mengalami kesulitan apalagi jika terjadi sesuatu dan berdampak terhadap keluarga yang ditinggalkan.

Ini artinya, perencanaan finansial serta mempersiapkan ketersediaan dana darurat di setiap tahapan kehidupan adalah sebuah keharusan.

Lantas, bagaimana cara merencanakan keuangan dengan benar agar hidup tenang?

Baca Juga: Simak 3 Keunggulan Allianz Syariah yang Baru Resmi Diluncurkan