Srikandi untuk Negeri: Faia Faaizah Bantu Indonesia Ramah Lingkungan Lewat Foyya Invites dan Studio

By Maria Ermilinda Hayon, Sabtu, 20 Januari 2024 | 09:05 WIB
Reusable Napkins dari Foyya Studio ()

NOVA.id - Jika bicara soal limbah sampah, rasanya memang tak pernah ada habisnya.

Sustainable Waste Indonesia (SWI), sebuah asosiasi internasional tentang pengelolaan sampah, menyebut bahwa pada tahun 2017 Indonesia menyumbang 64 juta ton sampah setiap tahunnya.

Melihat fakta itu, Faia Faaizah, Creative Director Foyya Studio tergerak untuk membantu Indonesia agar ramah lingkungan.

Lewat produk-produk yang dihadirkan, sosok yang bisa dikatakan Srikandi untuk Negeri bagi lingkungan ini berhasil tidak menyisakan sampah dari usahanya.

Kok, bisa?

“Jadi di sini, semua bahan itu benar-benar enggak ada yang kebuang. Semua kita bikin lagi menjadi produk fungsional. Itu membantu sekali untuk mengurangi sampah setelah dipakai gitu,” jelas Faia kepada NOVA dalam Tabloid NOVA edisi 1714.

Lewat tangan dinginnya ini, Faia berhasil menghasilkan produk rumah tangga yang ramah lingkungan, di antaranya pembungkus makanan, sponge cuci piring, reusable tisu dapur, reusable napkins, sampai bungkus pot bunga.

Lalu, bagaimana Faia memulai usahanya ini?

Undangan Pernikahan

Sebetulnya Foyya Studio bukanlah usaha pertama Faia. Sejak 2017, dia sudah buka usaha jasa ilustrasi untuk membuat pattern, kartu undangan pernikahan, hampers, dan suvenir pernikahan.

Sepanjang perjalanan, Faia merasa sampah-sampah sisa produksi banyak terbuang.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Perjuangan Sukses Putri Handayani Jadi Orang Indonesia Pertama yang Mencapai Titik Paling Selatan Bumi