Penggemar Keju Wajib Tahu! 5 Fakta Menarik French Cheese di Jakarta

By Maria Ermilinda Hayon, Selasa, 23 Januari 2024 | 17:35 WIB
Europe Full of Character - Aneka keju Prancis dalam charcuterie Onaplatter.id (MARIA/NOVA)

NOVA.id - Jika Sahabat NOVA pecinta keju, maka wajib mencoba berbagai varian keju Prancis atau French Cheese.

Keju Prancis terkenal di seluruh dunia karena keberagaman dan kualitasnya.

Prancis adalah produsen keju terbanyak di dunia, dan keju-keju mereka memiliki karakteristik unik yang berkembang dari berbagai wilayah dan metode produksi.

Hal ini karena iklim Prancis yang bersuhu sedang dan curah hujan yang mendukung menjadikannya tempat ideal untuk memproduksi susu jangka panjang.

Padang rumput dan unsur agroekologinya (pagar tanaman, tanggul, kolam, dll) yang dijaga dengan baik menyediakan habitat dan sumber makanan bagi berbagai spesies.

Di Perancis, hampir semua produksi keju berasal dari susu sapi tetapi sebagian berasan dari susu kambing dan domba.

Keunggulan keju Prancis inilah yang membuat Dewan Produk Susu Prancis CNIEL (Centre National Interprofessionnel de 'Economie Laitière)—dengan bantuan dari Uni Eropa—membawa sensasi 'Europe Full of Character' ke Jakarta, menyusul kesuksesan acara di Bali.

Dikuti oleh cheesemonger terkenal Francois Robin dan chef Stefu Santos, acara ini mempertemukan para chef, distributor keju, dan pemilik restoran untuk menyelami dunia keju Prancis yang menakjubkan, melalui kelas master dan pengalaman mencicipi yang menarik.

Acara ini menunjukkan alasan keju Prancis menjadi pilihan utama untuk setiap acara spesial yang menawarkan serangkaian petualangan gastronomi, menyelami dunia keju Prancis memukau.

Tujuan utamanya adalah menyalakan semangat seta menghadirkan kegembiraan akan keju dari Prancis ke hat masyarakat Indonesia, seta menumbuhkan rasa kenikmatan dan apresiasi.

Emilie Martin, Managing Director, Asia Pasifik di CNIEL, menyatakan kegembiraannya atas acara ini, "Membawa 'Europe Full of Character' ke Indonesia merupakan perjalanan sangat menarik bagi kami.

Baca Juga: Ide Makanan Imlek 2024, Jajal Resep Pai Keju Kue Keranjang yang Nikmat