Praktis Dicoba di Rumah! 4 Cara Menghilangkan Sariawan di Lidah Pakai Bahan Alami

By Maulana Wildan Ibrahim, Jumat, 23 Februari 2024 | 21:02 WIB
(Ilustrasi) Cara menghilangkan sariawan di lidah (Dok. Freepik/@mari_draiser)

NOVA.ID - Cara menghilangkan sariawan di lidah tentunya bisa tanpa obat alias secara alami.

Sariawan di lidah dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya yang terlihat seperti lepuhan atau luka berwarna putih dan menimbulkan rasa nyeri.

Tentu saja adanya sariawan membuat tak nyaman saat makan bahkan berbicara.

Beberapa penyebab sariawan di lidah umumnya sepele seperti lidah tegigit, makan makanan tajam atau keras, hingga mulut kering.

Selain itu, sariawan di lidah juga disebabkan masalah kesehatan serius lain seperti infeksi virus herpes simpleks atau jamur Candida, infeksi HIV, hingga gangguan autoimun.

Lantas bagaimana cara menghilangkan sariawan di lidah?

Cara menghilangkan sariawan di lidah bisa menggunakan bahan alami dan dicoba sendiri di rumah, loh Sahabat NOVA. Berikut di antaranya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Kumur dengan Air Garam

Sudah bukan rahasia lagi jika air garam punya banyak khasiat untuk berbagai masalah mulut. Salah satunya bisa digunakan untuk cara menghilangkan sariawan di lidah secara alami.

Dengan berkumur air garam, diketahui dapat membantu mengurangi rasa nyeri, peradangan, serta mencegah infeksi bakteri pada rongga mulut.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Sariawan di Bibir Tanpa Obat, Cukup Kumur Pakai Bumbu Dapur Ini! Selain air garam, berkumur juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine atau cairan hidrogen peroksida.

Kedua macam obat umur tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.