Langkah Bersama Cegah DBD, Tekankan Pentingnya 3M Plus dan Vaksin DBD

By Maria Ermilinda Hayon, Rabu, 6 Maret 2024 | 21:05 WIB
Kegiatan “Langkah Bersama Cegah DBD” hadir di Surabaya, Jawa Timur. Bantu edukasi pencegahan DBD ()

NOVA.id - Kegiatan “Langkah Bersama Cegah DBD” hadir di Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan ini meliputi edukasi di sekolah, edukasi publik bertepatan dengan momen car free day, serta sesi seminar awam atau talk show.

Kegiatan ini dijalankan mengingat data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai 6.642 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 65 kasus

Jawa Timur merupakan provinsi dengan kabupaten/kota dengan kasus DBD tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Jawa Barat dan Kalimantan Barat

Diperlukan upaya berkesinambungan dalam pengendalian dan pencegahan DBD, tidak hanya 3M Plus (menguras bak air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang tidak terpakai).

Serta berbagai upaya mencegah gigitan nyamuk melalui obat nyamuk, fogging, dan penggunaan jaring nyamuk).

Tetapi juga inovasi pencegahan lain seperti dengan vaksinasi serta upaya untuk mendorong peran aktif.

Untuk itu, melanjutkan kesuksesan “Langkah Bersama Cegah DBD”, PT Takeda Innovative Medicines kini memperluas kegiatan ke Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan ini adalah bagian dari kampanye #Ayo3MPlusVaksinDBD yang merupakan salah satu kemitraan antara PT Takeda Innovative Medicines dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Serta pemerintah dan pemangku kepentingan setempat, dalam upaya meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia.

Tahun lalu (2023), tercatat total kasus DBD di Indonesia sebesar 114.435 kasus dengan kematian 894 kasus. Dunia saat ini menargetkan nol kematian pada tahun 2030.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari langkah-langkah intervensi yang telah dilakukan oleh Pemerintah untuk menekan kasus DBD, di mana secara garis besar terdapat tiga intervensi: intervensi pada lingkungan, intervensi pada vektor (nyamuk), dan intervensi pada manusia.