NOVA.ID - Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day dirayakan pada 8 Maret setiap tahunnya.
Adapun Hari Perempuan Internasional 2024 mengusung tema 'Invest in women: Accelerate progress' yang artinya 'Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat kemajuan'.
Sejalan dengan hal itu, Tokopedia sebagai salah stau e-commerce terbesar di Indonesia konsisten mendukung perempuan untuk lebih berdaya dan inspiratif.
Tokopedia menggelar konferensi pers untuk membagikan kisah inspiratif dari para perempuan pelaku usaha brand lokal.
Digelar secara virtual, Tokopedia mengajak dan membagikan tiga kisah sukses para perempuan dalam membangun brand lokalnya.
1.Anita Hartono - Mambucha
Anita Hartono, founder Mambucha bercerita bahwa usaha lokal yang kini dijalaninya berawal dari pengalaman pribadi.
Ia pernah mengalami masalah pencernaan, bahkan menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.
Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul saat Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha.Bahkan, hal itu bisa menjadi solusi bagi masalah pencernaannya.
“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90 persen didominasi perempuan dan yatim piatu.
Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” kata Anita dalam konferensi pers, Rabu (6/3/2024).