4 Cara Memilih Asuransi Kendaraan Pribadi yang Bikin Mudik Jadi Tenang

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Sabtu, 13 April 2024 | 20:15 WIB
Cara merawat wiper dan mengoptimalkannya agar aman saat mudik Lebaran 2024. (Bosch)

 

NOVA.id - Sahabat NOVA kerap mudik dengan kendaraan pribadi saat lebaran ataupun saat libur weekend

Jika Sahabat NOVA memiliki mobilitas yang cenderung tinggi, sebaiknya persiapkan asuransi untuk kendaraan pribadi.

Asuransi kendaraan merupakan jenis perlindungan yang dibutuhkan selain asuransi jiwa.

Namun, pengguna asuransi kendaraan di Indonesia tergolong rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Filipina.

Hal tersebut didukung dengan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 yang menunjukkan tingkat literasi asuransi di Indonesia berada di angka 19,4 persen.

Padahal asuransi kendaraan sangat dibutuhkan dalam keadaan krisis. 

asuransi memberikan perlindungan serta mengcover biaya saat kendaraan mengalami kecelakaan maupun kerusakan lainnya.Laurentius Iwan Pranoto, selaku Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra pun memberikan penjelasannya."Berkendara aman itu wajib, namun dengan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan melalui asuransi, Anda dapat menikmati setiap perjalanan dengan peace of mind," ujar Iwan dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (19/10/2021).

Berikut beberapa tips untuk memilih asuransi kendaraan sesuai kebutuhan:

1. Jenis pertanggungan sesuai kebutuhanPastikan jenis pertanggungan polis yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan sobat, apakah pertanggungan comprehensive yang menjamin kerugian atau kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok maupun kerugian total yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin dalam polis.Atau Total Loss Only (TLO) yang hanya menjamin kerugian atau kerusakan total seperti kehilangan, atau pertanggungan terhadap kerusakan dimana estimasi biaya perbaikan harus lebih dari atau sama dengan 75 persen harga kendaraan sesaat sebelum kerugian terjadi.

Baca Juga: Jika Pakai Kendaraan Pribadi, Wajib Cek 4 Hal Penting Ini Sebelum Mudik!

2. Ketahui risiko yang dijaminkan Cek polis dengan seksama, di dalam polis tersedia poin-poin apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi dan sobat dapat secara aktif bertanya kepada pihak asuransi apabila terdapat poin yang dirasa kurang jelas.Hal tersebut juga tertuang pada ketentuan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1.Apabila sobat ingin mendapatkan perlindungan lebih, sobat bisa mengkonsultasikan dan mengajukan perluasan jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.3. Cari tahu layanan yang diberikan

Pada dasarnya orang memilih asuransi untuk meringankan beban risiko yang mungkin akan dihadapi, oleh karena itu sangat penting juga mengetahui layanan apa saja yang dapat diberikan pihak asuransi agar dapat berkendara dengan lebih tenang.Jenis layanan yang biasanya dapat dijadikan pertimbangan adalah ketersediaan layanan contact center, kemudahan dalam memanggil layanan 24 jam, jaminan dari bengkel untuk penggantian suku cadang resmi hingga proses kemudahan klaim yang ditawarkan.4. Reputasi perusahaan asuransiAsuransi merupakan salah satu lembaga keuangan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), oleh karena itu melihat bahwa perusahaan asuransi yang dipilih sudah terdaftar di OJK.Selain itu, sobat juga dapat melihat track record dari perusahaan tersebut dengan cara mengetahui sudah berapa lama asuransi tersebut dibangun, berbagai review yang dapat dilihat di media sosial atau situs terkait, hingga tanya langsung pendapat kenalan yang pernah menggunakan.(*)