Kompetisi L'Oréal BRANDSTORM Berangkatkan Tiga Talenta Muda Berlaga di Paris!

By nova.id, Kamis, 7 Mei 2015 | 08:10 WIB
Kompetisi L Oreal BRANDSTORM Berangkatkan Tiga Talenta Muda Berlaga di Paris (nova.id)

Tabloidnova.com - L'Oréal dikenal sebagai perusahaan kecantikan besar berskala global yang giat mencari bakat baru dengan potensi besar untuk berperan dalam industri kecantikan.

Beragam kompetisi dilakukan untuk membuka peluang para generasi muda bersaing di kancah global, salah satunya melalui Kompetisi L'Oréal  BRANDSTORM yang pertama kali dilaksanakan secara internasional 23 tahun lalu. Sementara di Indonesia, Kompetisi L'Oréal  BRANDSTORM tahun ini dilaksanakan untuk ketujuh kalinya.

Sama seperti tahun sebelumnya, peserta yang terdiri dari tiga orang mahasiswa tingkat akhir ini ditantang untuk membuat sebuah strategi di bidang marketing. Namun, ada tantangan yang berbeda di tahun ini. Bila pada tahun-tahun sebelumnya para peserta ditantang untuk menciptakan produk baru, lantas, apa yang dilakukan pada tahun ini?

"Dalam kompetisi kali ini, mereka diberi challenge sebagai International Marketing Director dan harus membuat new retail experience untuk travel retail. Travel retail mengacu pada bisnis yang menempatkan traveler sebagai konsumennya. Contohnya, toko di airport, duty free, kapal pesiar, dan lainnya. Bagaimana menarik konsumen tersebut? Tentu, dengan ambience Lancome," terang Restu Widiati, Direktur HRD, L'Oréal Indonesia.

Bisnis travel retail mengacu pada bisnis yang menempatkan pelaku perjalanan sebagai target konsumennya. Para pelaku perjalanan tersebut termasuk yang berada di bandara udara, toko duty free, di dalam pesawat sampai dengan yang berada di atas kapal laut.

Hadirkan Pengalaman Belanja di Atas Pesawat

Setelah melalui beberapa seleksi, tim DESCARTES dari Universitas Indonesia terpilih sebagai pemenang nasional dari kompetisi 'L'Oréal BRANDSTORM Indonesia 2015'. Melalui proses seleksi yang ketat, proposal berjudul "Absolue Jetset" berhasil memenangkan kompetisi tingkat nasional.

Tim Descrates beranggotakan Rangga Husnaprawira, Dhia Izza Nabila, dan Daviatri Apsariputri. Rangga, yang didaulat sebagai juru bicara, menceritakan karya yang ia buat bersama timnya.

"Dalam riset yang kami temukan, ada fakta bahwa orang yang traveling saat ini rata-rata mereka mencampurkan urusan business dan leisure purpose. Sebanyak 60 persen traveler itu melakukan perjalanan bisnis sekaligus berlibur. Mereka ini kami sebut bleisure traveler," papar Rangga.

Maka dalam proyek ini, Rangga bersama dua temannya membuat sebuah kemewahan baru berupa experience untuk para konsumen travel retail.

"Hasil riset pula, sebanyak 55 persen global luxury spending itu berdasarkan pengalaman akan kemewahan. Bahkan dari survei ditemukan, Flying first class adalah hal pertama yang paling diinginkan jetset traveler."

Untuk mengakomodasi kebutuhan para pejalan dengan segmentasi menengah ke atas (mengikuti bran Lancome yang menjadi perwakilan bran L'Oréal di kompetisi tahun ini), Tim Descartes membuat "Absolue Jetset" dengan servis berteknologi tinggi. Nama tersebut diambil dari Absolue, salah satu lini premium lansiran Lancome.

Pengalaman itu diwujudkan melalui tampilan toko Lancome di airport atau duty free yang dibuat menyerupai tampilan pesawat first class, disertai fitur-fitur menarik yang memberikan pengalaman tersendiri. 

Menjaring Bakat Muda

"L'Oréal sesungguhnya adalah inkubator untuk bakat dan ide. Melalui kompetisi L'Oréal BRANDSTORM ini, para mahasiswa tingkat akhir dapat mendaftarkan tim mereka yang terdiri dari 3 orang. Kami akan memberikan kesempatan berharga kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kompetisi bisnis yang tentunya dapat juga membantu mereka dalam karir profesional mereka nantinya dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim L'Oréal Indonesia," ujar Restu.

Setelah tim Descartes memenangkan kompetisi di tingkat nasional, di Bulan Juni yang akan datang ketiganya akan terbang ke Paris, Perancis, untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi L'Oréal  BRANDSTORM 2015 tingkat internasional.

"Memenangkan kompetisi nasional L'Oréal  BRANDSTORM 2015 seperti impian yang menjadi kenyataan bagi kami. Selama proses seleksi kami dibimbing oleh ahli manajemen bisnis dari L'Oréal  dan mendapa kesempatan untuk bekerja sama dengan agensi periklanan global dalam merancang strategi marketing yang komprehensif untuk bidang travel retail. Kami sudah tidak sabar untuk bertanding melawan tim dari 45 negara lainnya dan mendapatkan pengalaman bermanfaat untuk karir kami di masa depan, ujar Dhia Izza Nabila perwakilan tim DESCARTES dari Universitas Indonesia.

Elsa Alicia, Recruitment and Integration Manager, L'Oréal Indonesia, mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan titik awal untuk mendapatkan pengalaman berharga dalam manajemen bisnis, sekaligus merangsang para mahasiswa untuk melahirkan konsep pemasaran yang penuh inovasi.

"Kompetisi ini juga adalah suatu wadah efektif untuk menjalin hubungan dengan berbagai universitas di Indonesia dan menunjukkan betapa L'Oréal bertujuan merekrut bakat-bakat terbaik. Hingga saat ini, kami telah merekrut 11 mahasiswa luar biasa untuk bekerja di L'Oréal  Indonesia sebagai karyawan magang ataupun management trainee."

Sebagai ulasan, pada tahun 2011 pemenang nasional L'Oréal BRANDSTORM dari Indonesia sukses meraih juara ke-3 dalam kompetisi tingkat internasional di Paris, mengalahkan tim yang berasal dari lebih dari 40 negara. Sementara pada tahun 2014, Indonesia kembali dibanggakan dengan kemenangan tim Triple A untuk kategori 'Best Digital Strategy' juga dalam kompetisi tingkat internasional di Paris. Tentu, diharapkan perwakilan Indonesia tahun ini kembali mengharumkan nama baik seperti di tahun-tahun sebelumnya.  

Annelis BrilianFoto: Dok. L'Oréal