Siswa 20 SD di Jawa Barat Terpilih Ikuti "Aksi Siaga Hansaplast"

By nova.id, Selasa, 28 April 2015 | 07:49 WIB
Siswa 20 SD di Jawa Barat Terpilih Ikuti Aksi Siaga Hansaplast (nova.id)

Tabloidnova.com - Hansaplast, brand plester untuk produk perawatan luka produksi Beiersdorf, pada Minggu (26/4) lalu telah mengumpulkan sebanyak 100 anak anggota Pramuka di Bandung, Jawa Barat, dalam acara puncak dari rangkaian "Aksi Siaga Hansaplast" yang telah dilaksanakan sejak awal 2015 di wilayah Jawa Barat.

Aksi Siaga Hansaplast ini mengajarkan kepada murid-murid SD cara menanamkan kebiasaan baik dengan sifat peduli dan tanggap untuk merawat diri sendiri dan lingkungan sekitarnya, melalui pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Pentingnya edukasi dan sikap peduli terhadap kesehatan, terutama P3K, menjadi salah satu fokus Hansaplast. Sehingga di awal tahun 2015, Aksi Siaga Hansaplast telah dimulai di 100 SD di wilayah Jawa Barat, dengan target utama para siswa anggota Pramuka, guru, dan orangtua.

Dalam puncak acara Aksi Siaga Hansaplast yang digelar di Bumi Sangkuriang, Bandung, Jawa Barat, ini hadir pula Sales Director PT Beiersdorf Indonesia Hary Kapota, Marketing Manager Hansaplast Bayu isnawan, dan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Dedy Dharmawan, SPd, MMPd. 

"Melalui kegiatan ini, Hansaplast memberikan edukasi kepada anak-anak Indonesia mengenai pengetahuan dasar tentang P3K. Dengan mengedepankan kepedulian dan sikap siap siaga dalam P3K yang disajikan secara fun, kami yakin anak-anak akan lebih mudah menerapkannya di kehidupan sehari-hari," papar Bayu.

Pengetahuan dasar mengenai P3K, lanjut Bayu, sangat penting diketahui sejak dini, selain berguna dalam membantu proses penyembuhan luka, sikap siap siaga dalam memberikan pertolongan pertama juga berguna dalam meningkatakn kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Deddy Dharmawan ikut menyampaikan dukungannya kepada Hansaplast. "Edukasi mengenai P3K pada anak usia sekolah sangat penting, terutama yang dimulai melalui para siswa anggota Pramuka dalam mendapatkan pembekalan keterampilan tindakan P3K di tengah banyaknya aktivitas sehari-hari."

Para anggota Pramuka, kata Deddy, diajarkan banyak hal terutama tentang kedisiplinan, ketangguhan, dan kepedulian terhadap sesama, yang menjadi wadah non-formal namun sangat tepat sasaran dalam mendapatkan pembekalan mengenai P3K.

"Saya berharap, melalui Aksi Siaga Hansaplast yang diberikan dengan cara yang fun akan membuat kegiatan ekstrakulikuler Pramuka menjadi wadah favorit bagi para siswa SD. Sehingga keikutsertaan anak dalam Pramuka tak lagi karena keterpaksaan, tapi penuh dengan perasaan senang hingga selalu siap siaga dalam memberikan pertolongan pertama pada teman lainnya," tambah Deddy.   

Intan Y. Septiani

FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA