Roll Cake Batik

By nova.id, Minggu, 29 Maret 2015 | 01:32 WIB
Roll Cake Batik (nova.id)

Bahan: 200 g tepung terigu1 sdm tepung maizena½ sdt baking powder6 btr telur200 g gula pasir20 g cake emulsifier½ sdt vanili bubuk130 ml santanpewarna makananwarna cokelat secukupnyakertas motif batik

Isi:KrimKeju cheddar parut

Cara Membuat: 1. Campur tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder aduk rata dan ayak. Sisihkan.2. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, dan vanili bubuk dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan warna berubah keputihan.3. Masukkan campuran tepung terigu, aduk perlahan. Tuang santan, aduk rata.4. Ambil 5 sendok makan adonan. Tambahkan pewarna makanan warna cokelat, aduk rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Ambil kembali 5 sendok makan adonan. Masukkan ke dalam plastik segitiga.5. Siapkan loyang ukuran 24x24x3 cm. Letakkan kertas motif batik dan kertas silpat di atasnya.6. Buat motif batik dengan adonan yang dibungkus plastik segitiga.7. Setelah selesai membuat motif, kukus dalam dandang panas selama 1 menit. Angkat.8. Tuang sisa adonan ke atas motif batik. Kukus kembali selama 10 menit atau sampai matang. Angkat dan hilangkan uap panasnya.9. Olesi cake dengan krim dan taburi keju cheddar parut. Gulung hingga padat. Bungkus dengan kertas roti dan simpan dalam kulkas hingga sesaat akan disajikan.

3 roll cake 45 menit

Tips:? Jika kaki mixer diangkat dan adonan tidak menetes lagi, artinya adonan sudah kental dan mengembang dengan baik dan siap dicampur dengan bahan lain.? Pastikan dandang yang dipakai sudah panas sebelum mengukus adonan, agar adonan tidak terlalu banyak terkena air.? Jangan terlalu lama mengukus adonan karena adonan akan sulit digulung.

Resep: Dewi Puji (085284159233), Penyusun: Dahrani Putri, Penata Saji: Wina Kusnadi, Foto: Fadoli Barbathully/NOVA