Interval Training: Bugar 30 Menit

By nova.id, Minggu, 11 Januari 2015 | 06:13 WIB
Interval Training Bugar 30 Menit (nova.id)

Interval Training Bugar 30 Menit (nova.id)

""

Program olahraga berdurasi 30 menit ini bila rutin dilakukan, diklaim dapat mengubah bentuk badan. "Latihan yang dilakukan beragam, mulai dari permainan gunakan alat, hingga latihan di matras. Konsepnya, setiap 30 detik ia akan berganti gerakan, hingga semua alat dicoba."

Jangan khawatir bagi Anda yang tidak memiliki alat. "Lakukan saja latihan berdasarkan gerakan dasar manusia, misalnya, jongkok dan skipping."

Fungsi latihan ini, lanjut Ayu, adalah untuk pembentukan perut, tangan, pantat belakang, paha, kestabilan tubuh, fleksibilitas, dan memperbaiki pembentukan tulang. "Sebaiknya, lakukan analisis tubuh dulu sebelum berlatih. Sehingga bisa ketahuan apa saja kebutuhan latihan orang tersebut. Karena kondisi tiap orang berbeda-beda. Analisis awal itu bermanfaat agar tidak salah saat berlatih."

Beberapa gerakan berikut bisa dilakukan di rumah, baik sendiri atau bersama teman-teman. Lakukan secara rutin sehingga mendapatkan hasil yang sempurna. Gerakan yang dilakukan terdiri dari 3 bagian, yaitu pemanasan, latihan, dan pendinginan.

Pemanasan

Lakukan 3 gerakan berikut secara berulang, selama 30 detik:1. Skipping. Gerakan ini tidak dilakukan memakai tali, cukup dengan berlari-lari di tempat.2. Jumping Jack. Dalam posisi berdiri, lompat dengan kedua kaki dilebarkan ke samping. Angkat tangan ke atas, lalu kembali ke posisi awal lagi.3. Ski Jump. Posisi kaki kiri ke depan, kaki kanan ke belakang. Tangan Anda di atas, kemudian lompat sambil mengubah posisi kaki dan tangan.

Gerakan Inti

 Lakukan selama 3 kali, masing-masing selama 15 detik.

1. Dalam posisi berdiri tegak, jongkok perlahan dengan tangan ke depan, lalu berdiri. Alternatif gerakan: Dalam posisi jongkok, buat posisi badan lebih rendah, baru lompat.

2. Posisi kaki kanan ke belakang, kaki kiri ke depan, dan tangan letakkan di dada. Lalu berdiri sambil mengubah posisi kaki. Lakukan untuk kaki kiri dan kanan, masing-masing 15 kali.Alternatif gerakan: Dalam posisi sama, lakukan sambil melompat.

3. Lebarkan kedua kaki, miringkan badan ke kiri sementara tangan dikepalkan ke depan, lalu tarik kaki ke arah kiri, tahan, tarik ke arah kanan.Alternatif gerakan: Dalam posisi sama, rapatkan kaki terlebih dulu.