Ternyata, Bergosip Baik untuk Perempuan!

By nova.id, Jumat, 9 Januari 2015 | 12:35 WIB
Ternyata Bergosip Baik untuk Perempuan (nova.id)

TabloidNova.com - Anda gemar bergosip? Jika iya, bersiaplah mendengarkan kabar gembira ini. Menurut studi yang dilaporkan oleh The Today Show, ternyata bergosip baik untuk perempuan karena bisa menambah semangat menjalani hidup. Gosip disinyalir mampu membantu seseorang belajar lebih baik mengenai dirinya sendiri, dan kemungkinan melindungi diri dari keburukan.

Tim peneliti dari Universitas Groningen, Belanda, melakukan sejumlah eksperimen untuk memelajari bagamana orang bereaksi terhadap gosip. Hasil studi yang diterbitkan dalam buletin Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa orang yang berpartisipasi dalam gosip akan mengevaluasi dirinya. Dengan kata lain, hal buruk apa pun yang sekiranya menimpa orang lain sebisa mungkin dihindarinya secara langsung.

"Gosip membantu memberikan gambaran lebih akurat terhadap masa depan bagi mereka yang senang mendengarkan gosip," ujar Elena Martinescu, pemimpin peneliti.

Lebih lanjut, gosip positif mengarahkan pengembangan diri seseorang, tapi gosip negatif juga berdampak lebih bagi rumit bagi seseorang. Sejumlah orang memilih topik gosip berdasarkan dorongan ego semata, sementara orang lain melihatnya sebagai peringatan.

Banyak ahli mengatakan bahwa gosip berada di antara keduanya, karena merupakan bentuk komunikasi manusia sejak jaman dulu. Gosip dianggap sebagai saluran berita terkini yang menjadi indikasi kejadian yang akan datang. Gosip menyiapkan kondisi emosional seseorang menghadapi masa depan.

Gosip juga memungkinkan orang untuk memperkirakan semua hal yang akan terjadi. Namun, satu hal yang tidak dibahas dari penelitian ini adalah dampak dari gosip bagi mereka yang menyebarkannya.

"Orang yang gemar bergosip tidak akan pernah menjadi orang yang dia inginkan. Orang merasa tidak nyaman saat orang di sekitarnya bergosip. Biasanya mereka tidak ingin menjadi pihak yang menyebarkan gosip, walau dia menikmati mendengarkan gosip tersebut," ungkap psikiater Howard Forman, MD.

Kesenangan orang yang gemar bergosip adalah ketika ia berhasil menyebarkan berita tersebut pada banyak orang. Namun hal ini hanya sebentar saja. Orang mungkin melihat Anda sebagai sumber informasi terpercaya, tapi bukan sosok yang baik.

Pendapat berbeda justru malah diutarakan oleh Martinescu, yang sepakat bahwa bergosip baik untuk perempuan. "Membeberkan gosip akan mendapat pengaruh dalam lingkup pertemanannya, membangun hubungan sosial, dan membuat pertemanan semakin intim," jelasnya.

Ridho Nugroho / Momtastic