Ubah Gaya Hidup Kalau Mau Sembuh dari Kanker

By nova.id, Selasa, 14 Oktober 2014 | 08:23 WIB
Ubah Gaya Hidup Kalau Mau Sembuh dari Kanker (nova.id)

Ubah Gaya Hidup Kalau Mau Sembuh dari Kanker (nova.id)

"Bulan Oktober adalah bulan kesadaran akan kanker payudara, kerap disimbolkan dengan pita pink (foto: POPCRUSH) "

TabloidNova.com - The American Association for Cancer Research (AACR) memprediksi, lebih dari 585.000 orang Amerika akan meninggal karena kanker di tahun 2015. Dan setengah dari kematian itu, katanya, bisa dihindari hanya dengan mengubah gaya hidup.

AACR edisi 2014 melaporkan, sekitar sepertiga dari kematian yang diakibatkan kanker di tahun 2015 itu disebabkan oleh penggunaan tembakau (yang hampir memengaruhi 200.000 orang). Meskipun informasi mengenai bahaya merokok sudah mereka ketahui, namun hampir 800.000 orang Amerika masih saja melakukan kebiasaan itu.

Selain penggunaan tembakau, sepertiga kematian yang diakibatkan kanker berasal dari obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas memang sudah lama dikaitkan dengan 7 jenis kanker (termasuk kanker payudara pascamenopause), serta kebiasaan makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik.

Tidak hanya mampu mencegah kanker, gaya hidup sehat juga dapat memberikan pasien kanker prognosis yang lebih baik. Di antaranya adalah, berolahraga secara teratur, memilih makanan yang cerdas, dan selalu menggunakan tabir surya.

Gaya hidup sehat ini, terbukti mampu membuat pasien kanker bertahan lebih lama dari sebelumnya. Dan diperkirakan, 4 persen dari populasi Amerika Serikat berhasil menjadi survivor kanker.

Ester Sondang / Sumber: Prevention