Mengatasi Konflik di Kantor

By nova.id, Rabu, 22 Mei 2013 | 05:50 WIB
Mengatasi Konflik di Kantor (nova.id)

Mengatasi Konflik di Kantor (nova.id)

"ilustrasi "

Ikuti beberapa langkah ini untuk mengurangi kecanggungan di tempat kerja.

1. Putuskan apakah Anda ingin menghadapi orang yang mengganggu Anda. Akan lebih baik jika Anda menyampaikan keluhan terbuka langsung terhadapnya daripada membiarkan mereka atau Anda sendiri membicarakannya di "belakang".

2. Berbicara kepada orang lain dengan tenang, sopan, dan rasional, terutama jika itu menyangkut cerita-cerita negatif tentang Anda. Fokus pada situasi dan fakta, hindari gosip dan serangan pribadi.

3. Hati-hati untuk tidak mengungkapkan permusuhan dengan gestur tubuh, ekspresi wajah, atau nada bicara Anda. Bersikaplah tegas tanpa harus menjadi agresif.

4. Dengarkan pernyataan orang lain dengan hati-hati, terutama jika itu menyangkut Anda. Apa yang sedang ia katakan? Pastikan Anda memahami posisinya.

5. Ungkapkan minat pada apa yang orang lain katakan. Anda dapat mengakui ide-idenya tanpa harus menyetujui atau menolaknya. Katakan, "Saya paham bagaimana perasaan kamu. Saya juga merasa ...". Akui kedua posisi itu.

6. Komunikasikan dengan jelas apa yang Anda inginkan. Tawarkan saran positif dan rekomendasi. Usahakan selalu berada dalam posisi atau menjadi orang yang fleksibel.

7. Bicaralah dengan atasan Anda jika sulit atau selalu bermasalah dengan rekan kerja, atau bahkan hal itu bisa serius mengancam pekerjaan Anda. Tapi, hindari membicarakannya dengan cara merengek.

Petunjuk!

- Pahami kepribadian rekan kerja (yang mungkin memang bermasalah, Red.) dan cari tahu apa yang memotivasi mereka melakukan itu.

- Sesuaikan tindakan Anda saat bekerja dengan tipe kepribadian mereka.

- Setelah Anda memahami mengapa orang berperilaku seperti yang mereka lakukan, Anda akan dapat berinteraksi dengan mereka secara lebih efektif. Misalnya, selalu bersikap tegas dengan mereka. Sikap ini bisa menahan mereka untuk tidak semena-mena lagi terhadap Anda.

- Jadilah kuat dengan pendapat Anda dan tetap bertindak hati-hati.

- Jika Anda dihadapkan pada orang-orang yang suka "mengeluh", hindari bertindak terlalu simpatik jika Anda merasa keluhan mereka tidak berdasar. Bisa jadi mereka memang memancing Anda untuk mengeluarkan pendapat negatif. Tidak ada salahnya untuk Anda menanyakan apa yang mereka inginkan.

Ester Sondang