Cerdik Memakai Kartu Kredit dan Kartu Debet

By nova.id, Selasa, 29 April 2014 | 23:43 WIB
Cerdik Memakai Kartu Kredit dan Kartu Debet (nova.id)

TabloidNova.com - Merencanakan keuangan memang sangat penting dalam kehidupan. Karena waktunya tidak pendek, perlu dimulai sejak masih anak-anak, remaja, mahasiswa, kerja, menikah, punya anak, hingga akhirnya meninggal.

"Selama kehidupan tersebut, manusia perlu biaya dan perencanaan keuangan yang baik. Jangan sampai terjadi penghasilan bulan ini hanya buat bulan ini saja," tutur Prita Ghozie, perencana keuangan dan CEO dari ZAP Finance.

Akibatnya, jika tak pandai mengelola keuangan, hidup kita akan nyaman pas di saat kerja saja. "Padahal, biaya-biaya kehidupan makin naik, belum lagi terjadinya inflasi. Itulah kenapa sistem pembayaran sangat berpengaruh dengan pengelolaan keuangan."

Sebagai perencana keuangan, Prita lebih menyukai penggunaan uang non tunai, misalnya debet atau ATM. Menurutnya, pemakaian uang tunai membuat orang jadi boros. Sedangkan penggunaan kartu akan lebih memudahkan pengaturan keuangan. "Apa yang digunakan, dibelanjakan, atau ditransfer, ya, itulah yang dikurangi dari kartu tersebut," katanya.

Namun tentunya, penggunaan kartu debet atau kartu kredit harus tetap dikontrol. Bukan sekadar untuk memuaskan keinginan belanja. Gunakan ATM dan debet untuk pemakaian darurat dan kebutuhan sehari-hari.

"Jika memiliki kartu kredit manfaatkan untuk program marketing atau diskon. Misalnya, beli kulkas dengan kartu kredit karena ada cicilan tanpa bunga. Durasi mencicil tentu saja lebih pendek dibandingkan pemakaian kulkas yang ketahanannya lebih panjang."

Noverita K. Waldan