Menghindari Rambut, Kulit, dan Baju Renang dari Klorin

By nova.id, Senin, 15 Juli 2013 | 08:11 WIB
Menghindari Rambut Kulit dan Baju Renang dari Klorin (nova.id)

Menghindari Rambut Kulit dan Baju Renang dari Klorin (nova.id)

"Ilustrasi: Tabloid NOVA "

Kepengin rasanya berenang di kolam renang di saat matahari naik dan panasnya menyengat kulit. Selain bisa membuat kulit dan pikiran refresh, berenang juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan aktif.

Tapi, hati-hati dengan klorin yang terkandung dalam air kolam, ya. Karena, jika kulit Anda sensitif, zat ini bisa membuat kulit gatal dan merah. Juga, rambut menjadi kering dan rapuh, serta menurunkan kualitas pakaian renang.

Untuk mengetahui apa sebenarnya yang bisa menyebabkan hal di atas, penulis Health Magazine melakukan riset dan uji produk untuk mempelajarinya.

Produk Rambut

Klorin digunakan sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri berbahaya dalam air. Inilah yang membuat Anda terhindar dari bakteri E. coli dan kuman jahat lainnya. Namun di sisi lain, klorin juga merusak minyak alami yang melindungi rambut dari kerusakan dan pakaian.

Untuk mengantisipasi ini, sebelum masuk ke dalam kolam, olesi rambut Anda dengan lotion atau serum rambut yang berbasis silikon (paling baik). Lotion ini untuk mengatasi kekakuan (frizzies) dan panas sinar matahari. Pilihan lain yang lebih alami adalah minyak kelapa.

Tutup Kepala

Untuk mengurangi penyerapan klorin, sebelum berenang, basahi kepala dan rambut dengan air biasa. Setelah itu, tutupi kepala dengan topi berenang yang terbuat dari bahan lateks atau silikon. Usaha ini memang tidak akan memblokir klorin sepenuhnya dari rambut Anda, tapi paling tidak bisa memperlambat prosesnya.

Pembersih Khusus

Anda mungkin perlu produk pencuci rambut yang memang dirancang khusus untuk menyingkirkan klorin. Produk ini dijual di beberapa toko obat atau kesehatan.

Cara Alami