Berani Coba, Mempercantik Gigi dengan Veneer?

By nova.id, Selasa, 3 Februari 2015 | 09:22 WIB
Berani Coba Mempercantik Gigi dengan Veneer (nova.id)

Tabloidnova.com - Beberapa bulan belakangan, veneer menjadi istilah baru dalam dunia kecantikan. Kepopulerannya semakin menanjak kala banyak selebritis Indonesia yang mengaku mempercantik gigi dengan veneer untuk penampilannya. Sebut saja, Krisdayanti, Yuni Shara, Olla Ramlan, Vega Darwanti dan lainnya.

Fenomena ini tentu saja mengulik rasa penasaran banyak perempuan yang tertarik untuk mencobanya. Apalagi, veneer memberi kesan berbeda dan cerah bagi penggunanya. Tak heran, metode ini jelas menjadi terobosan terbaru di dunia estetika gigi setelah era kawat gigi sebelumnya dahulu.

Menurut drg. Dicky Mahardika, veneer gigi adalah lapisan tipis material permanen di permukaan gigi baik dari bahan composite veneer, porcelain veneer, akrilik veneer, zirconia, maupun kombinasi antara porcelain dan akrilik metal.

Diakui dokter gigi lulusan FKG Universitas Indonesia angkatan 2004 tersebut, umumnya masih banyak orang yang salah mempersepsikan veneer dengan dental bleaching atau teknik memutihkan gigi, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

"Dental bleaching dilakukan secara kimiawi, baik menggunakan carbamide peroxide atau hydrogen peroxide. Bedanya terletak di teknik, bahan serta modifikasi struktur gigi asli. Jadi, kalau bleaching tidak membuang jaringan gigi, sedangkan veneer ada struktur gigi asli yang dihilangkan lalu diganti lapisan veneer," jelas drg. Dicky pada Tabloidnova.com. Tujuan mempercantik gigi dengan veneer ternyata bukan satu-satunya alasan, seperti yang dikatakan oleh drg. Hanny Ilanda. Menurut dokter lulusan FKG Universitas Trisakti tersebut, manfaat veneer bisa memperbaiki kerusakan, bentuk serta warna gigi menggunakan lapisan tipis bahan sewarna gigi yang diaplikasikan pada permukaan gigi.

Di antara tujuan pemasangan veneer adalah untuk memperbaiki diskolorasi gigi karena perubahan warna disebabkan fluorosis dan tetrasiklin. Selain itu, veneer juga berfungsi menutupi cacat pada email atau hipokalsifikasi dan mengoreksi diastema atau celah gigi. Veneer pun bisa mengoreksi bentuk gigi seperti peg-shaped, gigi yang patah, letak gigi yang masuk terlalu dalam dan susunan gigi yang tidak rapi dan kerusakan fraktur.

drg. Hanny pun memaparkan proses veneer sebelum dipasang. Tahap permulaan biasanya permukaan gigi Anda akan diasah sedikit menggunakan bur. Bagian yang dikurangi biasanya hanya pada bagian luar gigi saja yang terlihat dari depan. Maksudnya adalah sebagai tempat perlekatan selapis tipis bahan veneer ceramic atau komposit yang digunakan. Nah, kabar baiknya, warna dan bentuk veneer dapat dipilih sesuai keinginan. Berminat mencoba?

Ridho Nugroho

Foto-foto: Dailymail / Cosmeticsurgery