Mulus Tanpa Varises

By nova.id, Selasa, 31 Mei 2011 | 06:46 WIB
Mulus Tanpa Varises (nova.id)

Mulus Tanpa Varises (nova.id)
Mulus Tanpa Varises (nova.id)

"Foto: Eng Naftali "

Penyebab timbulnya varises adalah rusaknya katup yang berfungsi mengatur aliran darah ke jantung (pembuluh darah balik/vena). Darah pun menjadi stagnan dan sedikit menggumpal, sementara tekanan pada pembuluh darah itu naik terus dan membuat aliran darah tampak berbelok-belok atau terlihat menonjol. Istilah varises lebih sering digunakan untuk tungkai bawah, meskipun sebenarnya bisa terjadi di tempat lain.

Yang mendorong timbulnya varises adalah:

Gen BawaanBiasanya diturunkan dari orangtua yang membuat pembuluh darah kita mudah rusak.

Masalah ObesitasKelebihan berat badan akan membuat pembuluh darah tertekan kuat sehingga pembuluh darah pun melemah.

Faktor HormonalPada saat menstruasi atau hamil di trimester I & II, dimana diduga dorongan pembuluh darah balik/vena melemah.

Banyak bekerja sendiri berdiriUnsur gravitasi yang menyebabkan otot pembuluh darah balik/vena bekerja keras untuk mengembalikan darah ke atas.

Pencegahan Varises

1 Jika Anda sering berjalan, gunakan stocking khusus varises yang terdapat di setiap apotek terdekat. Stocking tersebut untuk menekan pergelangan kaki dan menjaga pembuluh darah, serta mencegah mengalirnya darah lebih banyak.

2 Ganjal kaki Anda dengan bantal lebih tinggi dari jantung setiap hari saat beranjak tidur malam untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

3 Olahraga setiap hari, berjalan santai bisa menekan otot-otot kaki dan bisa memompa darah ke bagian atas tubuh.