Begini Caranya Agar Orangtua Lebih Cerdas di Era Digital

By nova.id, Rabu, 7 Mei 2014 | 22:36 WIB
Begini Caranya Agar Orangtua Lebih Cerdas di Era Digital (nova.id)

Tabloidnova.com - Di era serba digital seperti sekarang ini, kepemilikan atas ponsel atau smartphone adalah sebuah keniscayaan, terutama bagi para ayah dan ibu. Namun sering kali, ayah dan ibu sebagai orangtua, menjadi abai dan cuek terhadap anak-anaknya ketika asyik dengan ponsel atau smartphone-nya.

Padahal, dengan menjadi terlalu 'serius' terhadap gadget ketimbang mengawasi anak-anak merupakan sikap yang bisa membuat para orangtua menjadi kehilangan waktu dan momen kebersamaan dengan si kecil.

 Dan yang menarik, sekitar dua hari ini sejumlah akun media sosial, terutama Path, telah diramaikan dengan munculnya sebuah gambar berisi 10 tips atau anjuran untuk para orangtua agar lebih cerdas dalam menggunakan ponselnya sehingga bonding antara para ayah dan ibu dengan si kecil tetap terjaga baik.

Dan bagi yang belum mengetahuinya, NOVA berikan untuk Anda:

Ketika si kecil bertanya atau mengajak Anda bicara, lihatlah wajah si kecil, jangan terkonsentrasi terus kepada layar ponsel atau smartphone Anda. Ikuti atau jadilah follower semua akun media sosial buah hati Anda, lalu lakukan pengecekan melalui ponsel Anda secara berkala. Ketika Anda sedang bermain bersama si kecil, usahakan jangan pernah mengecek apa yang terpampang di layar ponsel dan smartphone Anda. Gunakan ponsel Anda untuk berbagi foto atau video yang mengandung unsur edukasi dengan si kecil. Jangan menjawab telepon, SMS, atau mengecek email dari ponsel atau smartphone ketika Anda sedang sarapan, makan siang, atau makan malam bersama keluarga. Ketika Anda sedang berjalan-jalan bersama si kecil, jangan gunakan ponsel Anda, sekalipun si kecil tengah tertidur pulas di dalam stroller-nya. Anda tak ingin ada yang bisa mencelakakan Anda dan si kecil, bukan? Jangan lupa untuk rajin mengirimkan SMS atau pesan singkat kepada si kecil, dengan sekadar mengucap "Hai!" Maksimalkan fsilitas ponsel atau smartphone untuk melakukan video call dengan si kecil ketika Anda sedang berjauhan dengannya. Jika Anda sedang dalam keadaan menelepon atau menjawab telepon seseorang, namun ternyata si kecil merengek membutuhkan perhatian Anda, segeralah alihkan perhatian kepada si kecil sambil mengatakan maaf untuk menyudahi percakapan kepada lawan bicara di seberang telepon dengan sopan. Batasi penggunaan ponsel atau smartphone, sehingga si kecil akan mengingat bahwa orangtuanya akan selalu ada dan memberikan perhatian untuknya dan bukanlah tipe orangtua yang selalu sibuk dengan ponsel atau smartphone-nya.

Ketika si kecil bertanya atau mengajak Anda bicara, lihatlah wajah si kecil, jangan terkonsentrasi terus kepada layar ponsel atau smartphone Anda.

Ikuti atau jadilah follower semua akun media sosial buah hati Anda, lalu lakukan pengecekan melalui ponsel Anda secara berkala.

Ketika Anda sedang bermain bersama si kecil, usahakan jangan pernah mengecek apa yang terpampang di layar ponsel dan smartphone Anda.

Gunakan ponsel Anda untuk berbagi foto atau video yang mengandung unsur edukasi dengan si kecil.

Jangan menjawab telepon, SMS, atau mengecek email dari ponsel atau smartphone ketika Anda sedang sarapan, makan siang, atau makan malam bersama keluarga.

Ketika Anda sedang berjalan-jalan bersama si kecil, jangan gunakan ponsel Anda, sekalipun si kecil tengah tertidur pulas di dalam stroller-nya. Anda tak ingin ada yang bisa mencelakakan Anda dan si kecil, bukan?

Jangan lupa untuk rajin mengirimkan SMS atau pesan singkat kepada si kecil, dengan sekadar mengucap "Hai!"