Resolusi Makan Sehat 2013

By nova.id, Jumat, 11 Januari 2013 | 00:50 WIB
Resolusi Makan Sehat 2013 (nova.id)

Resolusi Makan Sehat 2013 (nova.id)

"Ilustrasi "

Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makanlah setidaknya satu porsi  sayuran atau buah  setiap kali makan. Pastikan Anda menjangkau sayuran mentah  dari lemari es dan buah dari meja. Cobalah makan buah potong  atau sayur dengan saus sehat, seperti hummus, selai kacang, dan yogurt rendah lemak. Atau, tambahkan ekstra  sayuran  ke dalam sandwich, pizza, salad, sup, burger dan omelet.

Buat tambahan puree sayuran seperti menambahkan butternut squash untuk mengentalkan sup maupun hidangan lain. Bisa juga dengan menambahkan kembang kol dalam kentang tumbuk. Selain mempercantik tampilan, ini juga sekaligus  menambahkan nutrisi.

Makan lebih sedikit fast food

Cobalah kurangi peluang godaan makanan cepat saji. Ambil rute  berbeda untuk menghindari melihat restoran drive-through.  Miliki camilan buah maupun kacang-kacangan  hingga mencapai rumah atau bekerja.

Jika Anda tidak bisa menahan, pilih penganan rendah kalori  seperti ayam panggang atau chili rendah lemak. Jangan lupa pilih makanan pendukung seperti salad polos atau kentang panggang. Pesan ukuran kecil atau sedang, dan hindari makanan kaya kalori.  Dan, pilih air putih ketimbang soda.

Makanan snack sehat

Makan setidaknya satu snack (makanan ringan) sehat perhari. Ketimbang mengemil kukis atau keripik, pilih segenggam penuh kacang, trail mix (campuran kacang-kacangan dan buah kering) atau yoghurt rendah lemak. Jika perlu, makan buah yang sedang diproduksi musim ini.

Buah jeruk sangat baik dikonsumsi karena butuh waktu untuk mengupas dan memakannya. Jika bosan, sesekali boleh kondumsi pretzel, roti gandum utuh atau cracker dengan keju rendah lemak. Tapi ingat, makanan ini hanya boleh dikonsumsi ketika Anda benar-benar lapar, stres atau bosan. Dan, hanya dimakan satu porsi sehari.

Kurangi makan malam diluar

Rencanakan makan setiap hari sehingga satu-satunya pilihan  bukanlah makan di restoran. Gunakan slow cooker agar makanan tetap hangat,  siap menunggu  Anda ketika  pulang ke rumah saat makan malam. Masak sedikit lebih dari yang dibutuhkan, lalu bekukan setengahnya.  Dengan demikian Anda akan memiliki makanan beku yang dapat diambil kapanpun dibutuhkan.