9 Alasan Mengejutkan Penuhi Kebutuhan Tidur

By nova.id, Rabu, 31 Oktober 2012 | 02:33 WIB
9 Alasan Mengejutkan Penuhi Kebutuhan Tidur (nova.id)

9 Alasan Mengejutkan Penuhi Kebutuhan Tidur (nova.id)

"Ilustrasi "

Jika Anda tidak cukup tidur tujuh atau delapan jam (sebagaimana direkomendasikan para ahli) di malam hari, berikut  sembilan alasan sebaiknya Anda mulai cukup tidur malam ini.

1.   Kesehatan Lebih Baik. Mencukupi kebutuhan tidur tidak akan merugikan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Beberapa penelitian juga, mengaitkan kurang tidur dengan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, diabetes dan obesitas.

Dalam banyak kasus, risiko kesehatan dari kurangnya waktu tidur cenderung mulai dirasakan secara serius setelah bertahun-tahun. Sayangnya, ini tak selalu benar adanya. Sebuah penelitian mensimulasikan dampak dari gangguan pola tidur pada 10 pekerja shift berusia muda. Setelah 4 hari, 3 dari mereka mengalami peningkatan kadar gula darah yang dapat dikualifikasikan sebagai pra-diabetes.

2.   Seks Lebih Baik. Menurut sebuah poling yang dilakukan the National Sleep Foundation, lebih dari 26% orang mengalami gangguan kehidupan seksual karena merasa terlalu kurang tidur. Ada sebuah bukti jika pada pria, kurangnya tidur dapat dikaitkan dengan rendahnya kadar testosteron. Kendati sifat dari kaitan tersebut belum dapat dipastikan.

Selanjutnya, kurang porsi tidur dapat berdampak pada kehidupan percintaan dan hasrat seksual juga. "Jika Anda berusia 28 tahun yang kekurang tiduran hingga tertidur ketika menonton bioskop, ini bukan pertanda baik," ungkap Ronald Kramer, MD, juru bicara the American Academy of Sleep Medicine dan spesialis di the Colorado Sleep Disorder Center, Englewood, Colorado.

3.   Kurangi Nyeri. Jika Anda menderita nyeri kronis atau akut (seperti akibat trauma kecelakaan, Red.), tidur cukup dapat mengurangi nyeri yang dirasakan. Banyak penelitian menunjukkan adanya kaitan antara kurang tidur dan ambang nyeri yang lebih rendah. Sayangnya, saat Anda kesakitan juga kerap menjadi sulit tidur.

Para peneliti menemukan, kecukupan tidur dapat menjadi obat tersendiri bagi rasa nyeri. Jika nyeri membuat Anda terjaga di malam hari, cobalah kombinasi beberapa obat   pereda nyeri agar dapat membantu tidur lebih baik.

4.   Mengurangi Risiko Cedera. Tidur cukup juga dapat mengurangi risiko keceakaan. Kurang tidur kerap dikaitkan dengan banyak kejadian kecelakaan, misal, kecelakaan pesawat ulang-alik Challenger dan pembumian  Exxon Valdez. The Institute of Medicine memperkirakan satu dari lima kecelakaan mobil di AS disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Dan, sekitar 1 juta kecelakaan pertahun terjadi di Amerika Serikat.

"Banyak kecelakaan  dapat terjadi jika Anda kekurang tiduran," ungkap Jodi A. Mindell, PhD, profesor psikologi di Universitas St. Joseph, Philadelphia dan penulis Sleep Deprived No More."Saat kurang tidur, Anda dapat saja celaka dalam perjalanan jauh, atau jatuh dari tangga, atau tersayat  saat memotong sayuran, dan sebagainya. Kecelakaan-kecelakaan seperti itu bisa berkonsekuensi serius," ungkapnya lagi.

5.   Suasana Hati Lebih Baik.  Cukup tidur juga bisa memberikan suasana hati yang lebih cerah. Sebaliknya,  kurang tidur dan kekurang tiduran  akan membuat Anda lebih rewel dan kurang cukup kesadaran. Bukan hanya itu, "Kurang tidur berdampak pada regulasi emosional," ungkap Mindell. "Ketika Anda terlalu kurang tidur, Anda cenderung lepas kontrol hingga dapat membentak atasan, menangis tersedu-sedu, maupun tertawa tanpa terkontrol," tambahnya.

6.   Berat Badan Lebih Baik. Mendapat cukup tidur dapat membantu mempertahankan berat badan. Dan  sebaliknya, kurang tidur dapat membuat risiko mengalami  peningkatan berat badan seiring berjalannya waktu. Mengapa? Ini adalah bagian dari masalah perilaku. Jika terlalu letih,Anda cenderung kekurangan energi untuk pergi jogging maupun memasak makanan yang lebih sehat. Kemudian, pilihan jatuh pada gaya hidup yang kurang sehat seperti makanan instan dan kurang aktivitas.