Mengenal Ragam Saus Khas Dari Berbagai Negara

By nova.id, Minggu, 23 April 2017 | 07:30 WIB
Mengenal Ragam Saus Khas Dari Berbagai Negara (nova.id)

Tiap Negara memiliki ciri khas makanan masing-masing, tidak heran jika banyak jenis saus yang lahir dan menjadi ciri khas dari Negara tersebut.

Saus adalah cairan yang digunakan sewaktu memasak atau yang dihidangkan bersama-sama makanan sebagai penyedap atau penambah cita rasa. Kata "saus" berasal dari bahasa Perancis (sauce) yang diambil dari bahasa Latin salsus yang berarti "digarami."

Saus khas dari berbagai negara bisa berupa buatan pabrik seperti kecap atau saus yang dibuat juru masak sebelum makanan dihidangkan seperti saus asam manis.

Worcestershire Sauce Saus khas Inggris yang terkenal dengan nama kecap inggris ini terbuat dari campuran kecap asin, cuka, molases, cabai, dan rempah lainnya. Citarasanya gurih dan sedikit asam dan berwarna coklat, dijual dalam kemasan botol. Digunakan untuk hidangan sup atau saus steak dan juga tumisan ala Cina.

Tabasco Sauce Adalah saus khas Mexico yang terbuat dari cabai merah Mexico. Nama Tabasco diambil dari nama daerah di Mexico yang merupakan tempat asal merica. Saus ini rasanya asam, pedas menyengat, berwarna oranye muda dan berbentuk cair. Dijual dalam kemasan botol mungil.

Salsa Salsa adalah bahasa Spanyol untuk saus, dan di Negara berbasis bahasa Inggris selalu dirujuk dengan saus pedas dari Meksiko, terutama digunakan untuk saus celup. Salsa termasuk salah satu saus khas Mexico, yang dibuat dari campuran tomat merah, bawang bombai dan avokad yang dipotong dadu kecil, dibubuhi cuka dan merica hitam sehingga rasanya asam segar. Salsa biasanya dihidangkan sebagai pelengkap bersama tacos, nacos, burritos, dan lain-lain yang merupakan makanan khas Mexico.

Baca: Lengkap! Mengenal Aneka Jenis Saus Berdasarkan Cara Penyajian

Alfredo Sauce Merupakan salah satu jenis saus putih yang dipakai sebagi pelengkap (disiram) makanan Italia, khususnya pasta.

Bagi yang menggemari pasta creamy, saus alfredo sangat pas karena dibuat dari susu, telur, keju, irisan daging bacon, dan merica hitam. Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa memberi taburan keju dan peterseli.

Saus alfredo lebih kental dan creamy dengan rasa keju yang juga lebih dominan. Nama alfredo dicantumkan karena saus ini pertama kali dibuat oleh seseorang yang bernama Alfredo.

Pesto Sauce Saus berwarna hijau segar ini memakai bahan-bahan, seperti bawang putih, daun basil, dan pine nuts yang dihaluskan bersama olive oil, lalu diberi tambahan keju parmesan.

Saus pesto berasal dari wilayah Italia bagian utara. Pesto berarti “dipukul” atau “dihancurkan”. Ada beberapa jenis variasi seperti pesto alla genovese yang dibuat dari genovese basil, garam, bawang putih, tagiasco, atau extra virgin olive oil, pine nuts, dan keju. Pesto genovese mirip dengan pesto alla siciliana, namun warnanya merah karena penggunaan tomat.

Ada pula pesto alla calabrese yang menggunakan merica hitam. Saus pesto terasa gurih dengan aroma wangi basil. Warna hijau dihasilkan dari daun basil. Nah, ketika dicampur bersama pasta, warna pasta yang pucat berubah kehijauan.