Apakah Anda Memenuhi 15 Tanda Pernikahan Bahagia Ini?

By Ade Ryani HMK, Selasa, 19 Juli 2016 | 02:46 WIB
Agar suami bahagia, renungkan hal-hal berikut. (Ade Ryani HMK)

Baru menikah atau telah bertahun-tahun membina rumah tangga, sadarkah Anda hal-hal apa saja yang membahagiakan dalam pernikahan?

Menyatu dalam sebuah ikatan pernikahan tak selalu mudah bagi tiap pasangan. Berbeda tapi saling melengkapi. Itulah yang semestinya terjadi. Bagaimana keseimbangan itu tercipta, di situlah kebahagiaan kita ditentukan dalam rumah tangga. Ibarat menyusun pasel bersama. Butuh kerja sama dan ketekunan suami istri agar perkawinan tetap sehat.

Namun, bukan berarti relasi suami-istri tabu mengalami konflik. Pertengkaran adalah hal wajar selama bermanfaat menjadi sarana untuk memahami pola pikir pasangan. Sebab pernikahan bukanlah akhir atau tujuan hidup belaka, melainkan satu tahapan kehidupan yang akan selalu mengalami perkembangan. Sebaiknya arah perkembangan itu menuju ke kebaikan yang terus-menerus.

Ada juga yang mengatakan biasanya pasang-surut hubungan pernikahan terjadi saat memasuki usia pernikahan 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, dan seterusnya. Hal ini biasa disebut periode 5 tahunan dalam pernikahan. Semakin Anda dan pasangan beranjak tua, semestinya semakin bijaksana dan mampu terus merasa nyaman dalam sebuah hubungan jangka panjang. Termasuk dapat mengandalkan satu sama lain dalam situasi apapun.

BACA: 3 Tanda Suami Sudah Nyaman Hidup Bersama Anda

Nah, agar kehidupan pernikahan selalu romantis, nyaman, dan menyenangkan, adakah 15 poin berikut dalam rumah tangga yang Anda bina?

1. Gaya Komunikasi

Kesannya klise bahwa kunci sukses menjalani pernikahan adalah komunikasi. Dari sejak pacaran hingga berkeluarga, apakah Anda merasa perubahan positif soal hal ini? Misalnya menjadi lebih terbuka atau justru sebaliknya. Sebab komunikasi adalah pangkal dari kebahagiaan itu sendiri di mana ada banyak hal terkait rumah tangga yang bisa diatasi dengan baik berkat satu sama lain berbicara secara hangat. Bisa jadi selama ini Anda lebih banyak mendengar. Tak ada buruknya, kok, selama Anda tulus justru dengan begitu Anda makin mudah mengerti apa yang pasangan inginkan.

2. Berdebat Wajar

Beda pendapat dalam sebuah hubungan adalah hal wajar dan dinamis. Tapi, kalau keseringan atau setiap hari berdebat pertanda ada masalah di antara pasangan. Mengapa? Relasi dalam pernikahan yang bahagia justru akan saling menghormati pendapat pasangan dan berusaha menghindari perdebatan yang alot.

3.Tak Ada Rahasia

Jujur, keterbukaan, dan rasa percaya. Siapa tak menginginkan 3 hal ini dalam membina hubungan yang langgeng? Jika Anda merasa bahagia dalam pernikahan, tentu saja ada rasa tak nyaman jika membohongi atau menyembunyikan sesuatu dari pasangan. Ciri pasangan harmonis lainnya adalah saat ada masalah lebih suka membicarakannya dengan pasangan ketimbang mengobralnya ke khalayak. Tentu saja pilih waktu yang tepat untuk menyampaikannya, ya. Selanjutnya, tinggal mencari solusi yang membahagiakan kedua belah pihak.