Pernod Ricard Kampanyekan "Don't Drink and Drive"

By nova.id, Minggu, 25 Mei 2014 | 04:24 WIB
Pernod Ricard Kampanyekan Don t Drink and Drive (nova.id)

TabloidNova.com - Pernod Ricard Indonesia, pemegang sejumlah merek minuman anggur dan beralkohol, kembali menggelar kampanye "Responsib'All Day, Let's Be Smart: Don't Drink and Drive".

Kampanye ini menandai tahun ke-4 program Corporate Social Responsibility (CSR) Pernod Ricard Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat. Tujuannya agar para pelanggan tetap aman saat dan setelah menikmati minuman beralkohol.

Pada 2011, tema yang diusung "Don't Drink and Drive". Pada 2012, tema yang diangkat tentang risiko mengonsumsi alkohol bagi orang yang berusia di bawah 21 tahun. Pada 2013 dan 2014, tema yang diangkat kembali "Don't Drink and Drive", sebagai penekanan dan pendalaman kepada masyarakat tentang hal ini.

"Kami ingin menjadi penyedia produk beralkohol yang bertanggung jawab dan menunjukkan kepedulian kepada masyarakat lewat penyampaian informasi terkait langkah-langkah aman seputar mengonsumsi produk beralkohol. Salah satu informasi yang ingin terus kami gaungkan adalah don't drink and drive," ujar General Manager Pernod Ricard Indonesia Edhi Sumadi saat jumpa pers di Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/5).

Kampanye ini berupa penyebaran informasi (edukasi) dan peningkatan awareness masyarakat terhadap konsumsi alkohol yang bertanggung jawab. Aksi ini dilakukan serentak di dunia bersama sejumlah afiliasi Pernod Ricard di dunia.

Dalam upaya menyampaikan pesan ini, Pernod Ricard menggelar beberapa program, yakni:1. Edukasi InternalPernod Ricard secara global memiliki lebih dari 19.000 karyawan, yang seluruhnya berkomitmen menjadi duta kampanye "Responsib'All Day, Let's Be Smart: Don't Drink and Drive". Edukasi tentang hal ini pun diberikan kepada staf Pernod Ricard Indonesia.

2. Edukasi EksternalProgram ini digelar untuk mengingatkan masyarakat tentang risiko yang bisa dihindari dari pengaruh alkohol saat mengendarai kendaraan. Caranya melalui sejumlah Orchestra Mob yang digelar di Pacific Place Jakarta, Kamis (22/5), melibatkan 20 pemain musik, 10 penyanyi, dan 20 penari, sambil membagikan flyer "Don't Drink and Drive" ke pengunjung.Kemudian talkshow bersama sejumlah narasumber, seperti psikolog Tika Bisono, Chief Editor Auto Car Magazine Octo Budiharto, dan Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng.

3. Booth KhususSebagai tindakan konkrit dan untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen produk beralkohol, Pernod Ricard juga menyiapkan booth khusus di acara-acara tertentu. Di booth ini disediakan program "Designated Driver", yakni menunjuk salah seorang pengunjung yang datang berkelompok sebagai designated driver atau orang yang akan mengendarai kendaraan mereka sepulang dari klub, yang diharapkan tak mengonsumsi alkohol.

Pernod Ricard juga memasang Breathalyzer atau alat khusus yang berfungsi mengukur kadar alkohol dalam darah yang dites melalui embusan napas. Lalu menyediakan Private Valet Service, yakni layanan khusus yang diharapkan bisa meminimalisasi dampak negatif dari mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Layanan ini khusus bagi pengunjung dengan kadar alkohol dalam darah lebih dari 0,5 gram per liter dan mengendarai kendaraan sendiri. Ia akan ditawarkan untuk diantar sampai ke tujuan oleh sopir yang disediakan Pernod Ricard Indonesia. 

Intan Y. Septiani