Hindari Bahan Kimia di Tubuh Anda!

By nova.id, Kamis, 13 Juni 2013 | 03:42 WIB
Hindari Bahan Kimia di Tubuh Anda (nova.id)

Hindari Bahan Kimia di Tubuh Anda (nova.id)

"Ilustrasi "

Berikut ini beberapa bahan kimia yang tidak aman diaplikasikan pada tubuh Anda.

Hydroquinone

Hydroquinone adalah salah satu bahan kimia untuk mencerahkan (lightener) kulit. Dermatologi sering merekomendasikannya untuk mengurangi bintik-bintik yang disebabkan usia atau bercak hitam yang dikenal dengan melasma.

Terlalu sering menggunakan hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang dramatis. Penelitian bahan ini pada hewan juga telah menghubungkannya pada kanker, meskipun risikonya pada manusia belum jelas.

Jika Anda ingin mencerahkan kulit Anda, sebagai alternate, lakukan laser skin resurfacing. Yakni laser khusus yang berfungsi menghilangkan lapisan atas kulit dan bebas dari bahaya risiko hydroquinone.

Namun, masalah lain yang mungkin ditimbulkan adalah biaya, rasa nyeri pada kulit, proses penyembuhan yang agak memakan waktu, juga risiko jaringan parut dan perubahan warna kulit. Prosedurnya dilakukan langsung oleh dokter kulit.

Sunscreen SPF Rendah

Bahan dalam tabir surya sudah digunakan selama beberapa dekade dan dianggap aman oleh konsumen maupun produsen. Bahayanya sebenarnya terdapat pada pemilih tabir surya dengan SPF yang rendah.

Untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB, pilihlah produk tabel surya dengan label "Broad Spectrum" (spektrum yang luas) dan pilih SPF 30 atau lebih tinggi untuk mengurangi risiko kanker kulit dan penuaan kulit dini.

Makeup Kadaluarsa

Jika Anda masih saja menyimpan eye shadow 80-an, sebaiknya Anda membuangnya sekarang juga! Pengawet dalam riasan dapat hilang seiring waktu dan memungkinkan bakteri tumbuh di dalamnya.