11 Hal yang Membantu dan Mencegah Anda Tidur

By nova.id, Selasa, 4 Juni 2013 | 06:51 WIB
11 Hal yang Membantu dan Mencegah Anda Tidur (nova.id)

11 Hal yang Membantu dan Mencegah Anda Tidur (nova.id)

"Ilustrasi "

Yuk, kita cari tahu!

Kaya Triptofan 

Apakah ketika kecil dulu ibu Anda sering menyarankan Anda minum susu hangat sebelum tidur? Katanya, susu hangat dapat membantu kita tidur lebih cepat dan nyenyak. Ya, benar sekali. Susu mengandung tryptophan yang merupakan zat tidur. Makanan lain yang tinggi triptofan ialahkacang-kacangan, biji-bijian, pisang, madu, dan telur.

Karbohidrat

Karbohidrat terbukti dapat meningkatkan atau menginduksi tingkat triptofan dalam darah. Hmm, sepertinya paduan sereal dan susu sebagai "sarapan" di malam hari sebelum tidur bisa jadi kolaborasi yang sempurna untuk tidur yang nyenyak, ya. 

Ngemil Sebelum Tidur

Bagi Anda para pejuang insomnia, seringkali mengisi waktu menunggu tidur dengan ngemil. Wah, ini sebenarnya tidak disarankan. Usai makan, lambung justru bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengurai makanan. Nah, bagaimana tubuh bisa tidur jika semua sistem pencernaan sedang aktif? 

Burger dan Kentang Goreng

Menjaga pola makan seimbang sangatlah penting. Seperti kita tahu, burger dan kentang goreng merupakan makanan tinggi lemak. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan makanan tinggi lemak tidak hanya akan menambah berat badannya, tapi juga mengalami gangguan siklus tidur. 

Waspada Kafein Tersembunyi

Tidak hanya kopi yang dapat mengganggu tidur Anda, tapi juga makanan dan minuman yang mengandung kafein lainnya. Seperti cokelat, cola, teh, dan kopi tanpa kafein. Untuk tidur yang lebih baik, hindari semua kafein empat sampai enam jam sebelum tidur.